Fitri Wahyuni, NIM.: 22205032012 (2025) KOMODIFIKASI KEUTAMAAN HADIS-HADIS BERIBADAH DI BAITULLAH DALAM AKUN INSTAGRAM @JANNAHTRAVEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KOMODIFIKASI KEUTAMAAN HADIS-HADIS BERIBADAH DI BAITULLAH DALAM AKUN INSTAGRAM @JANNAHTRAVEL)
22205032012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (KOMODIFIKASI KEUTAMAAN HADIS-HADIS BERIBADAH DI BAITULLAH DALAM AKUN INSTAGRAM @JANNAHTRAVEL)
22205032012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Keutamaan ibadah di Baitullah (haji dan umrah) yang selama ini dipersepsikan sebagai sesuatu yang sakral, ternyata menjadi objek komodifikasi di media online yang diorientasikan pada bisnis. Hal ini terlihat dari kecenderungan beberapa unggahan hadis tentang keutamaan haji dan umrah yang tersebar di platform media online yaitu akun @JannahTravel. Peristiwa ini merupakan salah satu bukti bagaimana logika kapitalisme semakin mengakar dalam praktik masyarakat khususnya dalam tafsir keagamaan. Proses ini menjadikan nilai-nilai spiritual sebagai bagian dari mekanisme pasar, yang kemudian membentuk realitas teologis baru untuk memperluas jangkauan pasar di kalangan Muslim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis kepustakaan (library research). Adapun data primer didapatkan melalui akun @JannahTravel yang masif memposting hadis-hadis tentang haji, umrah, Ḥajar aswad, ka’bah dan tempat-tempat sakral lainnya. Sedangkan data sekunder menggunakan penelitian berupa buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan komodifikasi hadis. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dengan teori komodifikasi yang dikemukakan oleh Vincent Moscow. Menurut Moscow, komodifikasi merupakan perubahan dari nilai guna suatu produk menjadi nilai tukar. Penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk komodifikasi hadis-hadis keutamaan beribadah dalam akun Instagram @jannahtravel menggunakan 9 hadis yang dapat diklasifikasikan menjadi 3 tema utama. Pertama: hadis tentang keutamaan tempat ibadah seperti Masjid Quba terdapat dalam Hr. Ibnu Mājah No. 1405, Masjidil Haram terdapat dalam HR. Musnad Imam Ahmad, No. 4838. dan Hajar Aswad terdapat dalam kitab Al-Muṣannaf, No. 9156 Kedua: hadis tentang waktu ibadah seperti umrah pada bulan Ramadhan terdapat dalam HR. Bukhārī No. 1782, larangan memotong rambut dan kuku saat 10 hari dzulhijjah terdapat dalam HR. Muslim No. 1977. Ketiga: hadis tentang nila-nilai ibadah, seperti keseimbangan dunia akhirat, al-Qur’an dan sunnah terdapat dalam kitab shahih Bukhārī No. 6098, umrah menghapus dosa terdapat dalam HR. Abū Dāwūd, keutamaan mengusap hajar aswad dan rukun yamani terdapat dalam kitab Al-Mushannaf nomor 9156. Komodifikasi ini terlihat dari penggunaan hadis sebagai legitimasi religius, yang dikaitkan langsung dengan tawaran paket umrah dan haji, kemudian membentuk persepsi bahwa nilai ibadah dapat dicapai secara praktis melalui jasa travel. Kata Kunci: Komodifikasi, Hadis, Jannah Travel, Keutamaan haji, Moscow
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, S.Th.I., MA. |
| Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Hadis, Jannah Travel, Keutamaan haji, Moscow |
| Subjects: | Ilmu Alqur’an dan Tafsir |
| Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 14:12 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 14:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74349 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
