Ahmad Akhlis Ardiansyah, NIM.: 21104020057 (2025) ATHAR ISTIQDAM DEEPL FI TARQIYYAH AL NATAIJ AL DIRASY FI TA'LIM L LUGHAH AL 'ARABIYYAH LADA TULAB AL SAFF AL 'ASHIR FI MADRASAH AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH SAFINATUL HUDA BI JEPARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ATHAR ISTIQDAM DEEPL FI TARQIYYAH AL NATAIJ AL DIRASY FI TA'LIM L LUGHAH AL 'ARABIYYAH LADA TULAB AL SAFF AL 'ASHIR FI MADRASAH AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH SAFINATUL HUDA BI JEPARA)
21104020057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (ATHAR ISTIQDAM DEEPL FI TARQIYYAH AL NATAIJ AL DIRASY FI TA'LIM L LUGHAH AL 'ARABIYYAH LADA TULAB AL SAFF AL 'ASHIR FI MADRASAH AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH SAFINATUL HUDA BI JEPARA)
21104020057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MA Safinatul Huda Jepara dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi DeepL dalam pembelajaran Bahasa Arab, dan (2) Seberapa efektif penggunaan aplikasi DeepL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas X MA Safinatul Huda Jepara? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Safinatul Huda Jepara yang berjumlah 77 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa, terdiri dari 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan, tidak berpasangan dan N-Gain dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan DeepL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar, dibuktikan dengan nilai paired sample t-test dengan signifikansi 0,000000292 (p < 0,05). (2) Berdasarkan Uji-N Gain, kelas eksperimen dan kontrol masih tergolong tidak efektif, kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,336 (33,6%) dan kelas kontrol 0,154 (15,4%). Namun, jika dilihat dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (77,95) telah melampaui standar, sementara kelas kontrol (71,43). Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I. |
| Uncontrolled Keywords: | DeepL, Pembelajaran Bahasa Arab, Prestasi Belajar |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 14:17 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 14:17 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74352 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
