Mafaza Silfi, NIM.: 21200011102 (2025) POJOK BACA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI PASAR BARU MAGETAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (POJOK BACA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI PASAR BARU MAGETAN)
21200011102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (POJOK BACA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI PASAR BARU MAGETAN)
21200011102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tesis ini menjelaskan tentang upaya Pocadi Magetan dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat di Pasar Baru Magetan berdasarkan perspektif manajemen dan inovasi layanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis Manajemen Pocadi dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat di Pasar Baru Magetan, Inovasi Layanan Pocadi dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat di Pasar Baru Magetan, dan faktor pendukung dan penghambat Pocadi dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat di Pasar Baru Magetan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur, serta studi dokumentasi sebagai pelengkap dan pendukung data penelitian. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu sesuai tujuan penelitian. Penentuan informan pada penelitian ini melalui informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen Pocadi menerapkan pendekatan yang terstruktur dan partisipatif dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat, dengan fokus pada pengembangan kompetensi anggota meskipun mereka tenaga non-profesional. (2) Pocadi menghadirkan berbagai inovasi layanan, seperti layanan referensi digital, wisata literasi, dan kelas Bahasa Jawa, yang terbukti efektif dalam menumbuhkan minat baca dan kemampuan literasi masyarakat. (3) Keberhasilan Pocadi didukung oleh manajemen SDM yang efektif dan kolaborasi dengan komunitas lokal dan sekolah, namun menghadapi hambatan signifikan berupa kurangnya sosialisasi dan publikasi yang menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat. (4) Secara keseluruhan, Pocadi membuktikan bahwa sinergi antara manajemen internal yang adaptif, inovasi layanan yang relevan, dan keterlibatan masyarakat merupakan kunci utama untuk membangun budaya literasi yang berkelanjutan Kata Kunci: Pojok baca digital, manajemen, inovasi
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. H. Muhsin, S.Ag., M.A., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Pojok baca digital, manajemen, inovasi |
| Subjects: | Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 15:16 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 15:16 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74434 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
