PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERBASIS ZONA PROFESI Studi Kasus pada PAUD Inklusi Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta Tangerang Selatan

Hasanah, NIM.: 20300011038 (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERBASIS ZONA PROFESI Studi Kasus pada PAUD Inklusi Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta Tangerang Selatan. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERBASIS ZONA PROFESI Studi Kasus pada PAUD Inklusi Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta Tangerang Selatan)
20300011038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERBASIS ZONA PROFESI Studi Kasus pada PAUD Inklusi Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta Tangerang Selatan)
20300011038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia, bila ditinjau dari jumlah muatan kurikulum lebih banyak dibandingkan negara-negara berkembang lainnya seperti Filipina, Thailand dan Malaysia. Kurikulum kita terlalu padat dari sisi kuantitas, jadi kurang mengakomodasi minat dan bakat individu anak. Pendekatan pembelajaran yang lebih berfokus pada keberagaman kecerdasan anak, seperti teori kecerdasan majemuk, diharapkan dapat menjawab tantangan ini. Pembelajaran yang berbasis pada profesi menjadikan anak akan lebih terdorong untuk berkarya sesuai dengan gairah dan potensinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran multiple intelligences berbasis zona profesi pada PAUD Inklusi dan Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta, Tangerang Selatan melalui tahap analisis kebutuhan, desain model, analisis kelayakan model melalui expert judgment dan melakukan uji coba dan efektivitas model pembelajarannya. Jenis penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini mengadopsi desain model ADDIE dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, para guru dan siswa-siswi di dua sekolah, sedangkan data sekunder terdiri dari data-data penunjang yang ada relevansinya dengan penelitian ini, seperti buku referensi, artikel jurnal, dan dokumen-dokumen pembelajaran PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kombinasi teknik, yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama dari keseluruhan tahap yang dijalankan oleh penulis, mulai tahap pembuatan buku panduan guru yang terdiri dari desain program semester, program mingguan, harian, dan bentuk penilaian pembelajaran, juga kelayakan model melalui expert judgment. Pengembangan model ini

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. H. Suyadi, M. A.
Uncontrolled Keywords: Learning Model, Multiple Intelligences, Profession
Subjects: Studi Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 Nov 2025 08:39
Last Modified: 18 Nov 2025 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum