TARIQAH AL SOROGAN AL TA'LIMIYYAH FI MATAN AL DURAR AL BAHIYYAH BI MA'HAD AL FITROH AL SALAFI JEJERAN BANTUL

Akhmad Munan Zhuhri, NIM.: 21104020048 (2025) TARIQAH AL SOROGAN AL TA'LIMIYYAH FI MATAN AL DURAR AL BAHIYYAH BI MA'HAD AL FITROH AL SALAFI JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TARIQAH AL SOROGAN AL TA'LIMIYYAH FI MATAN AL DURAR AL BAHIYYAH BI MA'HAD AL FITROH AL SALAFI JEJERAN BANTUL)
21104020048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TARIQAH AL SOROGAN AL TA'LIMIYYAH FI MATAN AL DURAR AL BAHIYYAH BI MA'HAD AL FITROH AL SALAFI JEJERAN BANTUL)
21104020048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran sorogan kitab Matan Durorul Bahiyah di Pondok Pesantren Al-Fithroh Jejeran Bantul serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap santri serta pengajar yang terlibat dalam kegiatan sorogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sorogan di pondok ini dilakukan secara rutin dan terstruktur, baik pagi maupun malam hari, dengan penerapan metode Ta’aluq sebagai ciri khas untuk memperkuat pemahaman struktur gramatikal teks Arab. Faktor pendukungnya meliputi komitmen pengajar, motivasi santri, serta jadwal yang teratur. Sementara itu, faktor penghambatnya mencakup kelelahan santri, kurangnya persiapan, dan terbatasnya jumlah pengampu. Secara keseluruhan, model pembelajaran sorogan di Pondok Pesantren Al-Fithroh terbukti efektif dalam memperdalam kemampuan membaca dan memahami kitab kuning secara mendalam. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sorogan, khususnya dengan pendekatan Ta’aluq, berhasil meningkatkan kemampuan santri dalam memahami struktur bahasa Arab, mempercepat kelancaran membaca kitab kuning, serta menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab belajar secara individual. Metode ini juga memberikan dampak positif dalam menjaga kesinambungan tradisi keilmuan pesantren di era modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Nasirudin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Sorogan, Kitab Kuning, Matan Durorul Bahiyah, Pondok Pesantren.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:38
Last Modified: 25 Nov 2025 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum