FA'ALIYYAH QAMUS AL MUNAWWIR FI TANMIYAH MAHARAT TARJAMAH AL KITAB "TANWIR AL QULUB" FI AL MADRASAH AL SALAFIYYAH AL THALATHAH BI AL MA'HAD AL ISLAMY AL MUNAWWIR KRAPYAK

Tanjalina Nailal Ulya, NIM.: 21104020055 (2025) FA'ALIYYAH QAMUS AL MUNAWWIR FI TANMIYAH MAHARAT TARJAMAH AL KITAB "TANWIR AL QULUB" FI AL MADRASAH AL SALAFIYYAH AL THALATHAH BI AL MA'HAD AL ISLAMY AL MUNAWWIR KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FA'ALIYYAH QAMUS AL MUNAWWIR FI TANMIYAH MAHARAT TARJAMAH AL KITAB "TANWIR AL QULUB" FI AL MADRASAH AL SALAFIYYAH AL THALATHAH BI AL MA'HAD AL ISLAMY AL MUNAWWIR KRAPYAK)
21104020055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FA'ALIYYAH QAMUS AL MUNAWWIR FI TANMIYAH MAHARAT TARJAMAH AL KITAB "TANWIR AL QULUB" FI AL MADRASAH AL SALAFIYYAH AL THALATHAH BI AL MA'HAD AL ISLAMY AL MUNAWWIR KRAPYAK)
21104020055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kamus Al-Munawwir dalam meningkatkan keterampilan menerjemahkan Kitab Tanwîrul Qulûb. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab santri yang belum mencapai standar minimal di Madrasah Salafiyah III Krayakan Yogyakarta. Populasi penelitian berjumlah 23 santri dan penelitian dilaksanakan di Madrasah Salafiyah III Krayakan Yogyakarta. Teknik pengambilan datanya menggunakan pendekatan tes yang terdiri dari pretest dan posttest yang telah disiapkan oleh peneliti. Pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan informasi terkait kemampuan awal dan akhir peserta didik. Dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science), analisis data dilakukan menggunakan uji statistik parametrik. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan, diperoleh nilai t sebesar −10,547 dengan nilai signifikansi 0,000. Pengambilan keputusan dalam uji parametrik didasarkan pada ketentuan bahwa jika nilai signifikansi < 0,05 maka hipotesis diterima, dan jika nilai signifikansi > 0,05 maka hipotesis ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kamus Al-Munawwir memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menerjemahkan santri kelas 4 Madrasah Salafiyah III Krayakan, yang ditunjukkan oleh nilai Sig 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan Kamus Al-Munawwir sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, khususnya dalam konteks peningkatan keterampilan menerjemahkan Kitab Tanwîrul Qulûb. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Kamus Al-Munawwir dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab, dan dapat dijadikan dasar pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan menerjemahkan santri pada tingkat berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Abdul Munip , S. Ag M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kamus Al-Munawwir, Keterampilan Menerjemahkan, Kitab Tanwirul Qulub
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:37
Last Modified: 25 Nov 2025 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum