PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Yulva Maya Padilah, NIM.: 23204022029 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH QIRĀ’AH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL)
23204022029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH QIRĀ’AH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL)
23204022029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dari permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Bantul, di mana guru masih mengandalkan buku ajar sebagai satu-satunya media pembelajaran. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya antusiasme siswa dan kesulitan mereka dalam memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital Genially dalam pembelajaran mahārah qirā’ah dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Media ini diharapkan mampu menjadi alternatif inovatif yang menyajikan materi secara lebih menarik, sistematis, dan interaktif, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Bantul, dengan kelas XI.2 sebagai kelompok kontrol dan XI.3 sebagai kelompok eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 23 melalui beberapa uji statistik, yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, independent sample t-test, serta perhitungan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk akhir berupa media digital pembelajaran mahārah qirā’ah yang memuat materi kelas XI yang terdiri dari 4 tema. Hasil analisis media digital Genially yang telah dikembangkan berawal dari uji kelayakan para ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai dari ahli materi 89,9% kategori “sangat baik”. Sedangkan ahli media sebesar 95,3% kategori “sangat baik”. (2) uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar mahārah qirā’ah siswa, dengan nilai signifikansi pada uji independent sample t-test sebesar 0,000 (<0,05), dan uji N-Gain score kelompok eksperimen sebesar 77,50% kategori “efektif” dan kelompok kontrol hanya 34,68% kategori “kurang efektif”. Berdasarkan data tersebut, media digital Genially terbukti dapat menjadi media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran mahārah qirā’ah siswa secara lebih interaktif dan merata.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Digital, Genially, Pembelajaran Maharah Qira’ah, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2025 08:48
Last Modified: 02 Dec 2025 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum