Muhamad Yusuf Hidayat, NIM.: 23204091025 (2025) MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM KETAKHASSUSAN DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM KETAKHASSUSAN DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)
23204091025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM KETAKHASSUSAN DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)
23204091025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Integrasi Kurikulum merupakan salah satu aspek keberhasilan pembelajaran di SMA Takhassus Al-Qur’an. Integrasi antara kurikulum ketakhassusan dan kurikulum nasional sudah menjadi ciri khas pembelajaran dan daya Tarik dari SMA Takhassus Al-Qur’an. Namun dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka pada tahun 2023 di SMA Takhassus Al-Qur’an menjadi tantangan baru dalam proses integrasi kurikulum ketakhassusan dan kurikulum Merdeka di SMA Takhassus Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen integrasi dari kurikulum ketakhassusan dan kurikulum merdeka diterapkan di SMA Takhassus Al-Qur’an dan bagaimana dampak dari penerapan integrasi kurikulum ini terhadap mutu lulusan di SMA Takhassus Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari proses observasi, wawancara serta dokumentasi hal-hal yang berkaitan dengan proses manajemen integrasi kurikulum di SMA Takhassus Al-Qur’an. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses manajemen integrasi kurikulum ketakhassusan dan kurikulum merdeka di SMA Takhassus Al-Qur’an memiliki 3 urutan proses yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi. Perencanaan integrasi kurikulum dilakukan dengan merencanakan tujuan, program dan bahan pembelajaran untuk proses integrasi kurikulum. Kemudian untuk proses implementasi inetgrasi kurikulum menggunakan 2 model integrasi yaitu model fragmented dalam disiplin keilmuan dan sub unit pembelajaran serta shared model antar disiplin keilmuan dan pembelajaran. Sedangkan untuk evaluasi menggunakan metode Stufflebeam’s evaluation model. Output lulusan dari integrasi kurikulum ini adalah bisa menciptakan lulusan SMA Takhassus Al-Qur’an yang kreatif, bernalar kritis, mandiri, gotong royong, berkebinekaan global, berakhlak mulia, berperilaku qur’ani dan berwawasan global. Kunci keberhasilan dari proses integrasi kurikulum ini Adalah perencanaan yang matang, SDM dan sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan pesantren yang mendukung proses integrasi serta keterlibatan pihak eksternal. Proses integrasi kurikulum menunjukan hal-hal yang signifikan dalam meningkatkan mutu output lulusan. Output lulusan hasil integrasi kurikulum memiliki kualitas akademik yang baik dan memiliki nilai religius yang tinggi. Dalam proses integrasi kurikulum ini peran dari para pemegang kekuasaan menjadi sangat vital. Kemampuan menganalisis kelemahan dan mengevaluasi proses integrasi kurikulum yang telah berjalan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berjalanya proses integrasi kurikulum ini.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd, |
| Uncontrolled Keywords: | integrasi; Kurikulum Merdeka; Kurikulum Ketakhassusan |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 14:04 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 14:04 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74544 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
