Putri Aldina Fahira, NIM.: 23204022025 (2025) ANALISIS PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KALAM MELALUI BAHAN AJAR NATIQ: TELAAH PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KALAM MELALUI BAHAN AJAR NᾹTIQ: TELAAH PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD)
23204022025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
|
|
Text (ANALISIS PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KALAM MELALUI BAHAN AJAR NᾹTIQ: TELAAH PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD)
23204022025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kalam melalui bahan ajar Nᾱtiq berdasarkan perspektif teori komunikatif Littlewood dan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan bahan ajar tersebut. Bahan ajar Nᾱtiq ini merupakan karya Muhammad Ihya’ Ulumuddin kepala yayasan lembaga kursus Nᾱtiq International Arabiyyah, Pare Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diambil dari empat jilid bahan ajar Nᾱtiq, sedangkan sumber data sekunder berupa buku, jurnal dan karya ilmiah lain yang relevan dengan teori komunikatif dan analisis bahan ajar bahasa Arab. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data dalam penelitian ini, dengan mengacu pada indikator kompetensi komunikatif Littlewood yang mencakup kompetensi linguistik, sosiolinguistik, fungsional, strategik dan diskusif. Komunikatif menurut Littlewood adalah menekankan pentingnya aktivitas pembelajaran bahasa yang bersifat komunikatif dan kontekstual dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik secara nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari aspek penyajian, struktur, materi tersusun secara tematik dan komunikatif, meskipun dalam gramatikalnya belum sepenuhnya memadai bagi pembelajar tingkat lanjut. Dan juga berdasarkan teori komunikatif Littlewood bahan ajar Nᾱtiq secara umum dari keseluruhan 4 jilid tiga diantaranya sudah memenuhi kriteria komunikatif menurut Littlewood dari aspek struktural, sosiolinguistik, strategik dan diskusif dalam pembelajaran bahasa yang komunikatif untuk meningkatkan keterampilan kalam. Dapat dilihat dari aspek isi, bahan ajar ini memuat 18 dialog pada jilid 1, 15 dialog pada jilid 2, 7 dialog pada jilid 3 dan di jilid 4 menjabarkan tema-tema intervensi yang biasanya digunakan dalam debat bahasa Arab. Keseluruhan dialog disusun secara kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dari aspek fungsional dan strategik, latihan-latihan dalam bahan ajar telah mendorong keterampilan komunikasi yang sesuai dengan konteks sosial budaya Arab. Adapun kelebihan bahan ajar Nᾱtiq terletak pada penggunaan bahasa yang sederhana, dialog yang komunikatif, serta penyajian tema yang beragam dan aplikatif dalam situasi nyata. Sedangkan kelemahannya mencakup, keterbatasn ilustrasi visual, serta belum lengkapnya penyajian tata bahasa secara sistematis. Secara keseluruhan, bahan ajar Nᾱtiq layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung di lembaga formal dengan dilakukannya adaptasi agar sesuai dengan kurikulum nasional.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Natiq, Keterampilan Kalam, Media Pembelajaran |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 09:53 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 09:53 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74624 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
