ANTESEDEN KINERJA GURU SMP-MTsN DI KOTA TANJUNGPINANG: KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

Bayu Rahmat Pratama, NIM.: 23204091012 (2025) ANTESEDEN KINERJA GURU SMP-MTsN DI KOTA TANJUNGPINANG: KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANTESEDEN KINERJA GURU SMP-MTsN DI KOTA TANJUNGPINANG: KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH)
23204091012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANTESEDEN KINERJA GURU SMP-MTsN DI KOTA TANJUNGPINANG: KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH)
23204091012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor krusial dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama di wilayah kepulauan seperti Tanjungpinang yang menghadapi tantangan geografis, dan keterbatasan akses sumber daya. Studi pendahuluan menunjukkan 32–40% siswa tidak puas dengan kinerja guru misalnya dalam metode mengajar monoton, penjelasan kurang detail, dan 55–70% guru membutuhkan pelatihan peningkatan kompetensi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh komitmen kerja, kompetensi kerja, iklim kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah sebagai anteseden kinerja guru SMP/MTsN di Tanjungpinang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel terdiri dari 155 guru SMP/MTsN di Tanjungpinang yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan via kuesioner online (56 butir pernyataan skala Likert) dan dianalisis dengan software Smart-PLS 4.0. Validitas dan reliabilitas instrumen terkonfirmasi (Cronbach’s Alpha > 0.90, AVE > 0.5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 dan besar pengaruh 0,309; (2) Kompetensi kerja juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 dengan besarnya pengaruh 0,154); (3) Iklim kerja berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,003 dan pengarunya sebesar 0,143); dan (4) Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi dan pengaruhnya sebesar 0,128. Meskipun demikian, keempat variabel tersebut secara bersama-sama hanya mampu menjelaskan 14% dari variasi kinerja guru, yang mengindikasikan adanya faktor-faktor lain di luar model yang perlu dieksplorasi lebih lanjut (misalnya: motivasi intrinsik, beban kerja). Kata kunci: Kinerja Guru, Komitmen Kerja, Kompetensi Kerja, Iklim Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Nur Saidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Komitmen Kerja, Kompetensi Kerja, Iklim Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tanjungpinang
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 16 Dec 2025 11:13
Last Modified: 16 Dec 2025 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum