PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PAPAN MAGNET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD/M

Lutfi, NIM.: 21104080073 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PAPAN MAGNET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD/M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PAPAN MAGNET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD/M)
21104080073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PAPAN MAGNET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD/M)
21104080073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lutfi, “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Papan Magnet pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD/MI.” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2025. Pada pembelajaran mata pelajaran IPAS khususnya pada materi IPA mengenai sistem pencernaan manusia merupakan materi dengan pembahasan yang cukup luas dan abstrak karena peserta didik tidak dapat melihat secara langsung bagaimana proses pencernaan dalam sistem pencernaan. Dengan penjelasan yang cukup luas dan abstrak menyebabkan peserta didik mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu alasan peneliti mengembangkan media puzzle papan magnet sistem pencernaan manusia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran puzzle papan magnet dalam materi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan menurut validator, (2) respon positif media pembelajaran puzzle papan magnet dalam materi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan dari calon pengguna dan praktisi, (3) bagaimana karakteristik media puzzle papan magnet dalam materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran) secara terbatas. Instrumen penelitian berupa angket dengan pengukuran skala lima untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan praktisi serta skala Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk media pembelajaran. Sampel respon peserta didik adalah siswa kelas V A MI Ma‟arif Bego sejumlah 10 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) penilaian oleh ahli media memperoleh skor 61 dengan persentase 93,84%, ahli materi memperoleh skor 37 dengan persentase 92,5%, penilaian oleh praktisi/guru memperoleh skor 64 dengan persentase 98,46%. Penilaian produk oleh ketiga validator termasuk ke dalam kategori sangat layak, (2) respon peserta didik terhadap media puzzle papan magnet sistem pencernaan manusia memperoleh skor 109 dengan persentase 90,83% yang termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini membuktikan bahwa produk media pembelajaran mendapatkan respon positif dari peserta didik, (3) telah berhasil dikembangkan media puzzle papan magnet materi sistem pencernaan manusia dengan karakteristik papan yang dilengkapi dengan puzzle organ sistem pencernaan manusia dan audio penjelasan proses tahapan pencernaan manusia. Media puzzle papan magnet dikembangkan melalui tahapan 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan . Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media puzzle papan magnet sistem pencernaan manusia yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran materi sistem pencernaan manusia di SD/MI. Kata Kunci: Papan Magnet, Pengembangan, Pencernaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Inggit Dyaning Wijayanti, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Papan Magnet, Pengembangan, Pencernaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 16 Dec 2025 14:08
Last Modified: 16 Dec 2025 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum