Alifa Salsabila, NIM.: 21104070060 (2025) PENGEMBANGAN WEBSITE BIOLOGI SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/ MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN WEBSITE BIOLOGI SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/ MA)
21104070060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN WEBSITE BIOLOGI SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/ MA)
21104070060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gadget yang kurang dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Proses pembelajaran juga masih didominasi oleh metode ceramah dan pemberian tugas, sehingga pemahaman peserta didik mengenai materi sistem koordinasi masih terbatas dikarenakan materi bersifat kompleks dan memerlukan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan website biologi sebagai multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem koordinasi untuk peserta didik kelas XI SMA/ MA, mengetahui kelayakan hasil pengembangan website biologi, serta mengetahui kepraktisan hasil pengembangan website biologi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data hasil penilaian kelayakan dan kepraktisan website biologi diperoleh melalui instrumen penilaian berupa angket. Website biologi ini dinilai dan divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media mengenai kelayakan produk yang dikembangkan. Uji coba mengenai kepraktisan produk yang dikembangkan dilakukan secara terbatas kepada 2 guru mata pelajaran biologi dan 20 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Hasil penilaian oleh ahli materi termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan persentase uji validitas sebesar 0,848 dan uji reliabilitas sebesar 0,967, penilaian oleh ahli media termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan persentase uji validitas sebesar 0,906 dan uji reliabilitas sebesar 0,923, penilaian oleh guru mata pelajaran biologi termasuk ke dalam kategori sangat praktis dengan persentase uji validitas sebesar 0,85 dan uji reliabilitas sebesar 0,816, dan penilaian oleh peserta didik termasuk ke dalam kategori sangat praktis dengan persentase uji validitas sebesar 0,698 dan uji reliabilitas sebesar 0,879. Berdasarkan hasil penilaian, maka website biologi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai multimedia pembelajaran interaktif di SMA/ MA. Kata Kunci: Pengembangan, Website, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Sistem Koordinasi
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sulistiyawati, S.Pd.I,, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Website, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Sistem Koordinasi |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 14:13 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 14:13 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74657 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
