Kholifatul Fatoni Sholihin, NIM.: 21104040015 (2025) ETNOMATEMATIKA DESA WISATA GERABAH KASONGAN DAN IMPLEMENTASI PADA LKPD BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA CINTA BUDAYA LOKAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ETNOMATEMATIKA DESA WISATA GERABAH KASONGAN DAN IMPLEMENTASI PADA LKPD BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA CINTA BUDAYA LOKAL)
21104040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (ETNOMATEMATIKA DESA WISATA GERABAH KASONGAN DAN IMPLEMENTASI PADA LKPD BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA CINTA BUDAYA LOKAL)
21104040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi matematis Desa Wisata Gerabah Kasongan dan menerapkan hasil eksplorasi pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis berbasis Think Talk Write (TTW) materi statistika untuk memfasilitasi komunikasi matematis dan cinta budaya lokal yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pada penelitian ini dilakukan etnografi untuk eksplorasi potensi matematis Desa Wisata Gerabah Kasongan dan pengembangan dengan model 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek uji coba pada penelitian ini meliputi dosen pendidikan matematika dan pendidik matematika sebagai validator, serta peserta didik kelas VIII B dan VIII D SMPN 15 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar validasi, lembar angket keterbacaan LKPD, lembar angket respon peserta didik dan pendidik, serta lembar tes komunikasi matematis. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi LKPD, modul ajar, angket respon pendidik dan peserta didik, angket cinta budaya lokal, dan tes komunikasi matematis. Hasil eksplorasi terdapat potensi matematis berupa konsep statistika, aritmatika sosial, dan transformasi geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli dengan perolehan memperoleh persentase kevalidan sebesar 97,55%. Sementara itu, hasil perhitungan angket respon pendidik dan peserta didik juga menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis yaitu memperoleh persentase kepraktisan pendidik sebesar 96,2% dan persentase kepraktisan peserta didik sebesar 72,12%. Selain valid dan praktis, LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan memperoleh persentase keefektifan sebesar 67,64% dari pretest dan rata-rata hasil angket cinta budaya lokal dengan N-Gain sebesar 0,56 pada kategori sedang. Dengan demikian, terdapat potensi matematis pada Desa Wisata Gerabah Kasongan dan LKPD berbasis Think Talk Write (TTW) materi statistika untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis serta cinta budaya lokal telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Etnomatematika, gerabah Kasongan, LKPD, TTW, Komunikasi matematis, Cinta budaya Lokal
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, gerabah Kasongan, LKPD, TTW, Komunikasi matematis, Cinta budaya Lokal |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 15:51 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 15:51 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74666 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
