Faridah Nur ‘Aini, NIM.: 18104030049 (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI TPQ ASY-SYAFI’IYAH GADINGAN WATES WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI TPQ ASY-SYAFI’IYAH GADINGAN WATES WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
18104030049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI TPQ ASY-SYAFI’IYAH GADINGAN WATES WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
18104030049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembiasaan merupakan salah cara dalam melatih kemandirian anak usia 3-5 tahun yang disesuaikan dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak, dan bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembiasaan dalam melatih kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode pembiasaan dalam melatih kemandirian anak usia 3-5 tahun di TPQ Asy-Syafiiyah Gadingan Wates Wates Kulon Progo Yogyakarta, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode pembiasaan dalam melatih kemandirian anak usia 3-5 tahun tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi: Pendidik, dan anak-anak usia 3-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode pembiasaan dilaksanakan dengan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi kegiatan. Syarat metode pembiasaan pada anak yaitu mulailah pembiasaan sebelum terlambat, pembiasaan dilakukan secara terus menerus, pendidikan hendaknya konsekuen, pembiasaan semula mekanis menjadi pembiasaan yang disertai dengan kata hati. Langkah penerapan metode pembiasaan yaitu dengan metode keteladanan, metode ceramah dan metode pengulangan. Kemandirian anak usia 3-5 tahun di TPQ Asy-Syafiiyah telah sesuai dengan perkembangan anak pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang dibagi sesuai dengan pencapaian perkembangan anak sesuai umur dan lingkup perkembangan tanggung jawab diri dan orang lain pada anak usia 3-4 tahun serta lingkup perkembangan sosial emosional anak akan menunjukkan kesadaran diri pada anak usia 4-5 tahun. (2) Faktor pendukung metode pembiasaan dalam melatih kemandirian ialah kerjasama dari orang tua, guru, dan lingkungan sekitar, serta pihak yang berkaitan, dukungan dari orang tua, kemampuan dan keaktifan anak, sarana dan prasarana yang tersedia untuk keberlangsungan proses pembelajaran Qiraati 5 jilid. Faktor penghambat metode pembiasaan dalam melatih kemandirian anak usia 3-5 tahun di TPQ Asy-Syafiiyah ialah terdapat beberapa orang tua yang tidak tega ix meninggalkan anak saat pembelajaran berlangsung atau memanjakan anak, serta perbedaan rentang usia anak dalam satu kelas. Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Kemandirian, Anak Usi 3-5 tahun
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dra. Nadlifah, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Kemandirian, Anak Usi 3-5 tahun |
| Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 13:56 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 13:56 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74671 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
