TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI DENGAN MODEL PERIKLANAN WEBSITE TOKOBAGUS.COM

RAHMAT ANWAR FERDIAN , NIM: 08380006 (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI DENGAN MODEL PERIKLANAN WEBSITE TOKOBAGUS.COM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI DENGAN MODEL PERIKLANAN WEBSITE TOKOBAGUS.COM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI DENGAN MODEL PERIKLANAN WEBSITE TOKOBAGUS.COM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Model periklanan online merupakan periklanan dengan mengguanakan internet (interconnected network) dengan pengertian jaringan global yang menghubungkan computer yang satu dengan yang lainnya diseluruh dunia dengan bertujuan untuk menjalin komunikasi dan informasi, dalam era global saat ini model periklanan online dipilih masyarakat karena efektif dalam mempromosikan barang yang diperjual belikan sehingga menjadi pilihan dalam hal promosi sampai bertransaksi, akan tetapi praktek yang terjadi saat ini bertolak belakang dari tujuan periklanan tersebut karena model periklanan ini digunakan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menurunkan rasa kepercayaan masyarakat. Maka dalam hal ini peneliti ingin meneliti tentang praktek penyelesaian model periklanan online dengan tinjauan hokum islam sehingga dapat diambil kesimpulan bagaimana model periklanan ini dapat disikapi oleh masyarakat. Kepenulisan yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah bersifat preskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Pendekatan normatif di sini adalah suatu pendekatan yang berpijak pada aturan dasar hukum Islam itu sendiri yang berupa al-Qur’an dan al-Hadis. Sementara, jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah berupa penelitian lapangan (field research), obyek utamanya yaitu berupa data yang didapat dari masyarakat yang menjadi pengguna internet dan masyarakat yang menggnakan jasa periklanan online. Dalam rangka mencari validitas data yang komprehensif serta tidak menutup kemungkinan agar semakin faktualnya data penyusun menggunakan beberapa cara dalam menyajikannya, yakni dengan wawancara kepada masyarakat sebagai pengguna jasa model periklanan online dengan dibantu oleh web survey. Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan analisis induktif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menganalisis data atas fakta-fakta yang bersifat khusus, lalu dari fakta-fakta tersebut ditarik kesimpulan umum apakah fenomena yang terjadi bersesuaian atau tidak dengan aturan-aturan yang telah ada. Berdasarkan hasil penelitian praktek model periklanan online dnegan jual beli barang bekas di tengah masyarakat dapat disimpulkan model periklanan online untuk saat ini dapat dikatakan tidak boleh dilakukan karena dalam prakteknya sistim yang ada kurang mewakili keamanan masyarakat sebagai pengguna jasa tersebut. dikarena sangat beresiko dalam prakteknya ditambah dengan banyaknya pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab . Hal ini menjadikan khiyar dalam konsep hukum islam kurang efektif dalam realisasinya karena resiko yang tinggi dalam penggunaannya dan system yang masih rentan manipulasi oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab, sebenarnya hokum islam dapat memperbolehkan jika model periklanan online ini dapat menjaga konsumen dan memperbaharui system sehingga para pengguna layanan ini terlindungi. Kata Kunci: Khiyar, E-Commerce, Akad Salam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 May 2013 17:43
Last Modified: 01 May 2013 17:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum