Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Shalat Kelas VII SMP N 22 Purworejo

DIYAH ANDARWATI , NIM. 09410125 (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Shalat Kelas VII SMP N 22 Purworejo. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Shalat Kelas VII SMP N 22 Purworejo)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Shalat Kelas VII SMP N 22 Purworejo)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DIYAH ANDARWATI. Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Bergambar pada Materi Pelajaran Shalat Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar, mengetahui proses pembelajaran menggunakan buku cerita bergambar, mengetahui hasil pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar, mengetahui kualitas Buku Cerita Bergambar menurut ahli materi, ahli media dan guru PAI SMP/MTs, serta mengetahui respon siswa terhadap Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 3 langkah utama yaitu: 1) pendahuluan 2) Pengembangan produk; 3) Uji coba lapangan. Hasil penelitian berupa Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar pada materi pelajaran shalat untuk kelas VII SMP/MTs. Kualitas media pembelajaran buku cerita bergambar berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 83%. Sedangkan berdasarkan penilaian dari dua orang guru PAI di SMP N 22 Purworejo adalah Sangat Baik (SB) dengan presentase keidealan 93%. Serta hasil respon siswa terhadap Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar adalah Sangat Setuju (SS) dengan persentase keidealan 84% dan 83,57%. Sedangkan untuk hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan setelah melakukan pembelajaran menggunakan media cerita bergambar menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan hasil evaluasi pembelajaran sebelumnya yang tidk menggunakan media pembelajaran cerita bergambar. Hasil evaluasi yang diperoleh sebelum menggunakan media pembelajaran cerita bergambar adalah sebesar 74,78 sedangkan untuk hasil evaluasi setelah menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar adalah sebesar 77,19.2 Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Mata Pelajaran Shalat, siswa kelas VII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 17:41
Last Modified: 28 Jul 2017 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum