PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TAMR_N LUGHOH SISWA KELAS VII B MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

EKA YULIA RAHMAWATI , NIM. 09420135 (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TAMR_N LUGHOH SISWA KELAS VII B MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TAMR_N LUGHOH SISWA KELAS VII B MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf

Download (38MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TAMR_N LUGHOH SISWA KELAS VII B MTS IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Eka Yulia Rahmawati. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dalam peningkatan hasil belajar Tamr_n Lughoh siswa kelas VII B MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperarif tipe Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar Tamr_n Lughoh kelas VII B MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari tiga siklus terhadap 25 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperarif tipe Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar Tamr_n Lughoh kelas VII B MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta yang terjadi dalam tiga siklus dan dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu pembentukan kelompok, mempersiapkan buku paket atau buku panduan, diskusi masalah, dan presentasi hasil diskusi didepan kelas. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus 1 untuk pre test yaitu 50,2 dan post test 68,4. Selanjutnya siklus II rata-rata pre test adalah 51,1 dan post test 73. Kemudian siklus III nilai rata-rata pre test adalah 70 dan post test 90,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar Tamr_n Lughoh siswa kelas VII B MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta Tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 18:01
Last Modified: 20 Apr 2017 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum