PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS KELAS IV DI MI DARUL HUDA KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

FAIZAL AKNUR AMIN , NIM. 08480070 (2013) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS KELAS IV DI MI DARUL HUDA KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS KELAS IV DI MI DARUL HUDA KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, III.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS KELAS IV DI MI DARUL HUDA KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

FAIZAL AKNUR AMIN. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Kelas IV di MI Darul Huda Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV MI Darul Huda Kabupaten Sleman, belum terlihatnya siswa yang memahami materi dan motivasi yang besar dalam meningkatkan hasil belajar Sains, interaksi siswa masih kurang. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yaitu dengan membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar Sains kelas IV di MI Darul Huda setelah metode tersebut diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada pembelajaran Sains di kelas IV MI Darul Huda Kabupaten Sleman. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaa, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes. Hasil penelitan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran Sains melalui model Quantum Learning mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan dari hasil perbandingan rata-rata pra tindakan dengan nilai rata-rata pasca tindakan pada siklus I dan II. Rata-rata nilai hasil belajar pada pra tindakan sebesar 64, 83. Pada siklus I meningkat menjadi 72,05 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,53. Selain itu ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan 64,71% pada siklus I meningkat menjadi 88,24% pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Quantum Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 15:23
Last Modified: 26 Jan 2017 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum