IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

FIBRIYAN IRODATI , NIM: 09470150 (2013) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Fibriyan Irodati. Implementasi Pengembangan RPP Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Mata Pelajaran PAI kelas XI di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah setiap guru diharapkan mengintegrasikan nilainilai budaya dan karakter bangsa ke dalam mata pelajaran yang diampu, dimana proses integrasi telah digariskan dalam desain induk pendidikan karakter Kementerian Pendidikan Nasional, yang lebih menekankan pada mengkarakterkan dokumen mulai dari analisis SK-KD dari standar isi yang dikembangkan ke dalam silabus dan RPP. Namun perlu dipertanyakan apakah para pendidik yang berperan dalam mengintegrasikan dalam pembelajarannya telah memiliki pemahaman terhadap karakter. Disinilah pengembangan RPP berbasis karakter mengambil peran penting untuk implementasi niai-nilai budaya dan karakter bangsa di pendidikan sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang prinsip pengembangan RPP berbasis karakter dalam mata pelajaran PAI kelas XI di SMK Negeri 6 Yogyakarta, langkah pengembangan komponen RPP dan langkah pengintegrasian nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam RPP, serta implementasi RPP berbasis karakter dalam pembelajaran di sana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prinsip pengembangan RPP berbasis karakter dalam mata pelajaran PAI kelas XI di SMK Negeri 6 Yogyakarta yaitu RPP harus dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik, menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan serta memperhatikan materi yang dijadikan bahan kajian. 2) Langkah pengembangan RPP berbasis karakter seperti langkah pengembangan RPP berbasis karakter pada mata pelajaran lain, hanya saja dalam PAI harus dimasukan jenis karakter yang menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar serta materi ajar yang telah ditetapkan. 3) Langkah integrasi nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam silabus dan RPP berbasis karakternya sesuai dengan langkah menurut Kemendiknas. 4) Kegiatan pembelajaran berbasis karakter di sana mengacu pada Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses yaitu dalam kegiatan inti meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. 5) Integrasi nilai-nilai karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing (bermain peran) dan CTL dapat berdampak pembelajaran (instructional effect) yaitu materi dalam KD dan juga dampak pengiring (nurturant effect) yaitu sikap dan perilaku peserta didik yang merupakan wujud dari nilai tanggung jawab, jujur, tolong-menolong dan gemar membaca, peduli lingkungan serta tanggung jawab. 6) Faktor pendukung dalam pembelajaran tersebut adalah suasana yang hangat dan memotivasi peserta didik, tahaptahap peran, pengamat, diskusi, sarana dan prasarana yang tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik tidak menyambut tawaran pemeran, kurangnya perhatian peserta didik dan proses bermain peran tidak berjalan mulus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 15:37
Last Modified: 01 Mar 2017 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum