NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN DALAM FILM KARTUN UPIN IPIN KARYA MOHD NIZAM BIN ABD RAZAK

HANNA MUKMININA RAKHIMA , NIM: 09480035 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN DALAM FILM KARTUN UPIN IPIN KARYA MOHD NIZAM BIN ABD RAZAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN DALAM FILM KARTUN UPIN IPIN KARYA MOHD NIZAM BIN ABD RAZAK )
BAB II, III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN DALAM FILM KARTUN UPIN IPIN KARYA MOHD NIZAM BIN ABD RAZAK )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)

Abstract

Hanna Mukminina Rokhima, “Nilai-nilai Pendidikan Karakter untuk Anak Usia 6-9 Tahun dalam Film Kartun Upin Ipin Karya Mohd Nizam bin Abd Razak”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhinya sepanjang hayat. Tujuan dari pendidikan adalah membentuk kepribadian peserta didik yang berkualitas dengan didasarkan pada filsafat atau pandangan hidup bangsa yang bersangkutan. Pendidikan yang sebenarnya bukanlah menjadikan manusia yang berpotensi tinggi secara intelektual melalui transfer of knowledge, tetapi pendidikan merupakan suatu proses yang bermuara pada upaya pembentukan individu yang berakhlak mulia, berkarakter, beretika, melalui transfer of value yang terkandung di dalamnya. Proses penanaman pendidikan yang berkarakter tidak hanya melalui lembaga pendidikan saja tetapi juga bisa melalui media elektronik. Penanaman nilai karakter dapat ditanamkan di dalam benak anak-anak melalui film kartun yang lekat dengan dunia mereka, seperti film kartun Upin Ipin. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam film kartun Upin Ipin karya Mohd Nizam bin Abd Razak, (2) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter untuk anak usia 6-9 tahun. Penelitian ini bertumpu pada studi pustaka (library research), menggunakan pendekatan semiotika, adapun metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis isi (content analysis) dan sumber dari penelitian ini adalah film kartun Upin Ipin dengan dua belas episode di dalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam film kartun Upin Ipin ini mengandung nilai-nilai karakter, adapun nilai-nilai karakter tersebut adalah bertakwa, bertanggung jawab, disiplin, jujur, gemar membaca, sopan, peduli, sikap yang baik, toleransi, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, dan menghargai. nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia 6-9 tahun dapat dilihat melalui dua sudut pandang yang berbeda, bila dilihat dari karakteristik perkembangan anak usia 6-9 tahun adalah sebagai berikut : Anak mulai belajar menjadi seorang realis kecil yang berhasrat sekali mempelajari dan menguasai dunia secara obyektif, Anak mengamati benda-benda dan beberapa orang secara lebih teliti, daya hafal dan memorisasi menguat, belajar bergaul dengan teman sebaya, mengembangkan konsep yang diperlukan sehari-hari, dan menyukai cerita-cerita bergambar. Sedangkan nilai-nilai karakter untuk anak usia 6-9 tahun bila dilihat dari tahapan-tahapan pendidikan karakter terdapat empat nilai yang harus ditanamkan dan diamalkan oleh anak usia tersebut, keempat nilai tersebut adalah: nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, nilai kedisiplinan, dan nilai kepedulian. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan karakter, film kartun Upin Ipin, anak usia 6-9 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 15:46
Last Modified: 26 Jan 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum