ISLAM RASIONAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP BUKU ISLAM RASIONAL KARYA HARUN NASUTION)

MUHAMMAD ALFIAN , NIM: 09410080 (2012) ISLAM RASIONAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP BUKU ISLAM RASIONAL KARYA HARUN NASUTION). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ISLAM RASIONAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP BUKU ISLAM RASIONAL KARYA HARUN NASUTION) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ISLAM RASIONAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP BUKU ISLAM RASIONAL KARYA HARUN NASUTION) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Muhammad Alfian, Islam Rasional dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Kajian Terhadap Buku Islam Rasional Karya Harun Nasution), 2012. Yang melatar belakangi penyusunan skripsi ini adalah dipandang urgennya untuk mencari jalan keluar mengenai masalah yang terjadi dalam pendidikan Islam, yang terdapat dalam komponen penyusun sistemnya semisal kurikulum dan yang lainnya lewat perspektif yang berbeda, yaitu Islam rasional. Dalam hal ini, penyusun berusaha menguraikan dasar pemikiran Islam rasional Harun Nasution dan dari hasil uraian itu, penyusun berusaha menemukan relevansinya dengan pendidikan Islam, Penelitian ini berupa penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan filosofis, dengan metode dokumentasi sebagai metode pengumpulan data dan dengan teknik hermeunetika, abstraksi, induktif, dan heuristik untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini, ditemukan beberapa poin penting yang dapat dijadikan sebagai referensi tambahan dalam merumuskan kembali poin-poin penyusun sistem pendidikan Islam yang dalam prakteknya mengalami sedikit masalah, berdasarkan pada dasar pemikiran Islam rasional Harun Nasution, semisal dalam halnya mengenai tujuan pendidikan, hakikat manusia yang cakupannya pada anak didik, sosok pendidik, kurikulum dan evaluasi pembelajaran. (1) tujuan pendidikan agama sebenarnya bukan semata-mata pengajaran pengetahuan agama ataupun praktik-praktik ibadah, tapi lebih dari itu,adalah untuk membentuk anak didik menjadi seorang yang bermoral dan berbudi pekerti yang luhur, sejalan dengan tujuan yang terkandung dari ajaran Islam. (2) berdasarkan konsep hakikat manusia menurut Harun Nasution, anak didik merupakan seorang manusia yang harus diasah semua potensi yang dimilikinya, baik jasmani, akal, dan yang paling penting qalbunya (hati/jiwa), bukan hanya memberian pengetahuan padanya, namun bagaimana caranya agar anak didik ini benar-benar menjadi manusia yang sesungguhnya. (3) pendidik adalah orang yang mempunyai kompetensi khusus di bidang yang ditekuninya, orang yang senantiasa mau lebih mengembangkan dirinya, menguasai ilmu bukan hanya ilmu di bidang yang ditekuninya, namun juga ilmu lain di luar bidang yang ditekuninya tersebut. (4) kurikulum pendidikan Islam mencakup materi yang bukan hanya berisi pengetahuan semata, namun juga mencakup nilai-nilai budi pekerti dan rasionalitas yang juga penting bagi anak didik, metode pendidikan yang menekankan sisi pendidikan moral sehingga terbentuk moral yang baik pada diri anak disamping tersampaikannya materi. (5) evaluasi yang sasarannya adalah mengenai pembentukan sikap dan moral anak didik yang sesuai dengan ajaran Islam, pembentukan pola pemikiran rasional dan perkembangan pemahaman agama yang sesuai dengan usia anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 May 2013 17:15
Last Modified: 07 May 2013 17:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum