UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV A MI SANANUL ULA, PIYUNGAN, BANTUL

NUR IKAH ATIKAH, NIM. 08480077 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV A MI SANANUL ULA, PIYUNGAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV A MI SANANUL ULA, PIYUNGAN, BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV A MI SANANUL ULA, PIYUNGAN, BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

Nur Ikah Atikah. Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Menulis Karangan Narasi dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV A MI Sananul Ula, Piyungan, Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kejenuhan dan kebosanan siswa atas model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran karangan narasi. Hal tersebut dapat menurunkan semangat dan motivasi siswa dalam mempelajari dan menulis karangan narasi yang sebenarnya merupakan sesuatu yang mengasyikkan pada usia mereka. Apabila semangat dan motivasi turun, maka keberhasilan pembelajaranpun akan jauh dari yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi siswa kelas IV A MI Sananul Ula Piyungan, Bantul. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek penelitian siswa kelas IV A MI Sananul Ula Piyungan, Bantul. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV A MI Sananul Ula Piyungan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemaparan dalam bentuk penjelasan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV A MI Sananul Ula Piyungan, Bantul berjalan lancar dan dapat mengembangkan motivasi siswa dalam menulis karangan narasi. Siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran dengan adanya inovasi yang dilakukan pada penelitian ini. Hal ini ditunjukkan pada aktivitas siswa yang selalu meningkat pada tiap pertemuan baik di siklus I maupun siklus II. Peningkatan persentase aktivitas siswa pada akhir siklus I sampai akhir siklus II adalah sebanyak 30,43 %, data ini diambil dari persentase akhir siklus II (95,65 %) dikurangi persentase akhir siklus I (65,22 %). Peningkatan aktivitas siswa ini berarti juga bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berpengaruh positif dalam peningkatan belajar siswa. Peningkatan kreativitas yang dicapai siswa kelas IV A MI Sananul Ula Piyungan Bantul dalam menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kontekstual dirasa efektif . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata nilai yang diperoleh siswa mulai dari pre-test, siklus I, siklus II, dan post-test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 17:08
Last Modified: 30 Jan 2017 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum