IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA KELAS III SD N KASIHAN BANTUL

SYARIFAH MUKARRAMAH, NIM. 09410048 (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA KELAS III SD N KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA KELAS III SD N KASIHAN BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA KELAS III SD N KASIHAN BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

SYARIFAH MUKARRAMAH. Implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Bagi Siswa Kelas III SD N Kasihan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah semakin meningkatnya problema terkait dengan karakter generasi bangsa. Selain itu mudahnya pengaruh budaya asing masuk ke negara yang dikhawatirkan dapat mereduksi karakter bangsa Indonesia. Dalam hal ini pendidikan karakter memiliki peranan yang sangat penting sebagai dasar terbiasnya nilai-nilai karakter pada peserta didik selaku generasi bangsa yang berbudaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD N Kasihan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan wawancara (mendalam), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi data, unitisasi, kategorisasi, dan triangulasi data. Triangulasi data ini digunakan untuk memeriksa keabsahan yakni dengan membandingkan data hasil observasi, wawancara dan dengan dokumen yang berkaitan dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dapat dilakukan di dalam dan di luar kelas. Penerapan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa ini dimulai dengan melakukan pengamatan, peneguran/ peringatan (secara spontan), bimbingan dan pengawasan. Penerapan ini dilakukan secara berkelanjutan dan diulang-ulang sehingga peserta didik terbiasa untuk melakukan segala sikap/tindakan sesuai dengan nilai-nilai karakter yang dikembangkan. (2) Faktor pendorong pelaksanaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di SD N Kasihan Bantul adalah faktor usia yang tergolong dini untuk diarahkan sehingga lebih muda teraplikasi dalam kehidupan nyata, kerja sama antara sekolah dengan orang tua wali, dukungan dari beberapa pihak terkait, dan juga jumlah peserta didik yang tidak terlalu padat dapat mempermudah penenaman dan pengembangan nilai-nilai darakter di sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah letak geografis sekolah, adanya pendapat sekolah gratis sehingga mempengaruhi sarana prasarana, perlu adanya stimulan dana dari pemerintah dan pihak terkait yang mendukung program rintisan, serta kurang adanya perhatian wali murid terkait nilai-nilai karakter ditanamkan dan dikembangkan oleh sekolah pada beberapa peserta didik cenderung luntur dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 17:22
Last Modified: 24 Aug 2018 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum