PELAKSANAAN SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO

USWATUN KHASANAH, NIM. 09410211 (2013) PELAKSANAAN SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO)
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

USWATUN KHASANAH, 09410211, Pelaksanaan Sistem Moving Class Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Moving class merupakan sistem pembelajaran yang mencirikan kelas berkarakter mata pelajaran, dengan demikian, ruang kelas difungsikan seperti laboratorium. Dalam kenyataannya SMA Muhammadiyah Wonosobo belum sepenuhnya siap untuk melaksanakan sistem tersebut, hal itu dapat dibuktikan dengan ruang kelas yang belum didesain sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai pelaksanaan sistem moving class pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Wonosobo dan kendala pelaksanaan tersebut sehingga sistem moving class belum terlaksana secara ideal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif dengan mengambil judul Pelaksanaan Sistem Moving Class Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Data Kualitatif. Selanjutnya peneliti menganalisis selama di lapangan menggunakan analisis model miles and Huberman. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa subyek penelitian yang dijadikan sebagai narasumber untuk memperoleh informasi guna mengumpulkan data di lapangan, diantaranya: Waka bidang Kurikulum, guru mata pelajaran Akhlak di SMA Muhammadiyah Wonosobo, kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Wonosobo, peserta didik SMA Muhammadiyah Wonosobo, dan kepala bagian Tata Usaha. Hasil penelitian menunjukan: 1) Sekolah SMA Muhammadiyah Wonosobo belum sepenuhnya siap untuk menerapakan/melaksanakan sistem moving class tersebut. hal itu dapat dibuktikan dengan masih adanya beberapa kekurangan-kekurangan yang menghiasi pelaksanaan sistem moving class tersebut, seperti: belum adanya buku referensi pendukung mata pelajaran tersebut yang terdapat didalam ruang kelas mata pelajaran PAI, settingan ruang kelas belum menunjukan karakteristik dari mata pelajaran tersebut, metode serta strategi yang digunakan oleh guru PAI tidak bervariasi/monoton hanya dengan ceramah-ceramah saja, penataan tempat duduk yang tidak bervariasi sehingga menyebabkan siswa bosan dan jenuh, guru belum dapat memanfaatkan waktu dengan optimal. 2) Penyebab belum idealnya penerapan sistem moving class yaitu: keterbatasan dana untuk melengkapi setiap ruangan dengan buku-buku referensi, banyaknya buku-buku yang hilang karena ulah siswa, guru PAI belum maksimal dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran, sehingga membuat siswa merasa bosan dan jenuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 15:36
Last Modified: 24 Aug 2018 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum