PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRIWATI SIFIR AWWAL C MELALUI STRATEGI AKHŻIYAH AN-NAṢ DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PP. QOMARUDDIN GRESIK TAHUN AJARAN 2012/2013

YAYUK AFIFAH, NIM. 09420125 (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRIWATI SIFIR AWWAL C MELALUI STRATEGI AKHŻIYAH AN-NAṢ DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PP. QOMARUDDIN GRESIK TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRIWATI SIFIR AWWAL C MELALUI STRATEGI AKHŻIYAH AN-NAṢ DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PP. QOMARUDDIN GRESIK TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRIWATI SIFIR AWWAL C MELALUI STRATEGI AKHŻIYAH AN-NAṢ DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PP. QOMARUDDIN GRESIK TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yayuk Afifah, Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Santriwati Sifir Awwal C Melalui Strategi Akhżiyah An-Naṣ Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah PP. Qomaruddin Gresik Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi akhżiyah an-naṣ dalam pembelajaran kitab kuning dapat berperan dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab santriwati sifir Awwal C di Madrasah Diniyah PP. Qomaruddin Gresik Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 kali pertemuan terhadap 36 santriwati. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Serta dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan teknik prosentase. Tingkat minat santriwati dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Peningkatan minat belajar santriwati dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata hasil angket minat belajar siklus I, II dan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi akhżiyah an-naṣ dalam pembelajaran kitab kuning dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab santriwati yang meliputi sikap, kemauan, ketertarikan, dorongan, ketekunan dan perhatian terhadap pembelajaran kitab kuning pada pelajaran qawᾱʻid. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil prosentase peningkatan minat siklus pertama 57,29% (sedang), 71.92% (tinggi) siklus kedua dan 91.43% (sangat tinggi) pada siklus ketiga. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Akhżiyah An-Naṣ, Minat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 15:49
Last Modified: 03 May 2017 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum