STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG UASBN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XII SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013

YUNI ENDARWATI , NIM. 09410133 (2013) STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG UASBN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XII SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG UASBN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XII SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG UASBN PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XII SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013)
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

YUNI ENDARWATI. Studi Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang UASBN PAI Dengan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XII SMA N 1 Seyegan Sleman Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah melihat posisi Pendidikan Agama Islam di sekolah kurang diperhatikan sehingga berdampak pada perhatian siswa dalam belajar PAI. Hal ini terjadi terutama pada sekolah-sekolah yang basic-nya umum, seperti SMA atau SMP umum. Hal itu dikarenakan sekolah-sekolah umum lebih memberikan perhatiannya pada mata pelajaran yang akan di ujikan secara nasional sekaligus sebagai syarat kelulusan. Oleh karenanya, upaya pemerintah dalam memberikan perhatian lebih pada PAI terutama disekolah, yaitu dengan menjadikan PAI sebagai mata pelajaran yang diujikan secara nasional, walaupun tidak dijadikan sebagai syarat kelulusan. Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar PAI disekolah terutama pada sekolahsekolah umum. Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil sampel 25% dari jumlah populasi kelas XII (211 siswa) yaitu sebanyak 53 siswa. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang UASBN PAI dan aspek motivasi belajar PAI melalui butir angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang UASBN PAI memiliki kategori positif/baik dengan persentase kategori sangat baik 3,77%, kategori baik 28,30% dan kategori sangat baik 47,17%. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa kelas XII SMA N 1 Seyegan, juga memiliki kategori positif dengan persentase kategori sangat baik 1,89%, kategori baik 32,08% dan kategori cukup baik 39,62%. Setelah hasil keduanya menunjukkan kategori baik, maka hasil korelasi Persepsi Siswa Tentang UASBN PAI Dengan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XII SMA N 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2012-2013 setelah dihitung menggunakan analisis korelasi Product Moment diperoleh rxy adalah 0,550. Kemudian dibandingkan dengan rtabel dengan taraf signifinasi 5 %. Diketahui df = 53 – 2 = 51, sehingga rtabel (5%) adalah 0,273. Sehingga dapat dibandingkan: rxy= 0,550 > rtabel (5%) =0,273 Besarnya signifikansi 0,00 < 0,50 , sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang berbunyi : Ada korelasi positif antara persepsi siswa tentang UASBN PAI dengan motivasi belajar PAI siswa kelas XII di SMA N 1 Seyegan tahun 2012-2013 diterima dengan taraf signikansi 5%. Hal ini mengandung arti bahwa tinggi rendahnya persepsi siswa tentang UASBN PAI berhubungan dengan tinggi rendahnya motivasi siswa dalam belajar PAI di SMA N 1 Seyegan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 15:55
Last Modified: 07 Aug 2018 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum