PENDIDIKAN AKHLAQ PANTI ASUHAN AL - GHIFARI SIDOREJO LENDAH KULON PROGO

YUS SARYADI, NIM. 05410191 (2013) PENDIDIKAN AKHLAQ PANTI ASUHAN AL - GHIFARI SIDOREJO LENDAH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAQ PANTI ASUHAN AL - GHIFARI SIDOREJO LENDAH KULON PROGO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAQ PANTI ASUHAN AL - GHIFARI SIDOREJO LENDAH KULON PROGO )
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

YUS SARYADI. Pendidikan Akhlaq Panti Asuhan al- Ghifari Sidorejo Lendah Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan mengenai dasar-dasar moral (akhlaq) dan keutamaan perangai, tabiat yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa analisa hingga ia menjadi mukallaf yang mengarungi lautan kehidupan. Pengajaran akhlaq di sekolah-sekolah pada saat ini belum diberikan secara mandiri, dalam arti masih terintegrasi dengan mata pelajaran Agama ataupun Pendidikan Pancasila, namun pada umumnya para pendidik jarang sekali menyentuh mengenai pendidikan akhlaq, karena pendidikan akhlaq dianggap sebagai pemberian ceramah-ceramah saja. Dalam hal ini harus ada pendidikan akhlaq yang mampu memadukan antara pendidikan sekolah, keluarga, dan lingkungan secara kontineu, dengan mengkomunikasikan perkembangan anak kepada pihak lembaga formal maupun nonformal seperti Panti Asuhan atas apa yang menjadi kebiasaan anak di rumah dan di lingkungan agar terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan guru untuk perbaikan pendidikan khususnya akhlaq anak, berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Pendidikan Akhlaq Panti Asuhan al-Ghifari Sidorejo Lendah Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlaq di Panti Asuhan al-Ghifari bagi anak asuhnya, untuk mengetahui bagaimana implementasi bentuk-bentuk kegiatan pendidikan akhlaq. Harapannya kedepan peran Panti Asuhan al-Ghifari sesuai peruntukan dan fungsinya, pola pengasuhan yang baik serta hal penting lainnya seperti adanya perlindungan hukum bagi anak asuh menjadi hal yang lebih diperhatikan dalam pendidikan akhlaq. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Panti Asuhan al-Ghifari Sidorejo Lendah Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik analisa data dengan memutuskan, menafsirkan, serta mengklasifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena dengan metode berfikir. Adapun untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola pikir induktif, yaitu cara berfikir berangkat dari fakta-fakta khusus, peristiwa yang konkret, kemudian dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus dan konkrit itu digeneralisasikan menjadi pengertian yang bersifat umum. Langkah analisis data adalah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta triangulasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasannya bentuk-bentuk pendidikan akhlaq anak asuh dilaksanakan dengan pembinaan keagamaan, pengasuhan intensif, pembinaan kesenian dan ketrampilan serta kegiatan sosial, implementasinya berupa akhlaq kepada Allah, akhlaq kepada sesama manusia, dan akhlaq terhadap lingkungan serta pembinaan kepribadian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 15:58
Last Modified: 24 Aug 2018 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum