EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

ANGGIL SAHRIL HIDAYAT, NIM. 08600029 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan yang pertama untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan belajar siswa. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap komunikasi matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttestcontrol group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL dan pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar dan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Huda Karangpucung Cilacap tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 85 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumah 57 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretes dan postes untuk mengetahui komunikasi matematis siswa, lembar observasi untuk mengetahui keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis gain dari hasil pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Mann Whitney untuk data hasil observasi keaktifan belajar siswa adalah 0,029 < 0,05 (H0 ditolak) yang menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan belajar siswa. Sedangkan uji t untuk data gain komunikasi matematis siswa adalah 0,019 < 0,05 (H0 ditolak) yang menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori terhadap komunikasi matematis siswa. Kata kunci: kooperatif, TPS, CTL, keaktifan belajar, komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 16:35
Last Modified: 25 Jan 2016 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum