PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED DENGAN CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 NGRAMPAL

MUH. TAYYIB FARKANI, NIM. 08690051 (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED DENGAN CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 NGRAMPAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED DENGAN CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 NGRAMPAL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED DENGAN CONNECTED TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 NGRAMPAL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui : 1) Perbedaan peningkatan motivasi belajar peserta didik antara tipe integrated dengan connected. 2) Tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan model integrated dan connected. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIIB sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode angket. Untuk mengetahui peningkatan motivasi digunakan kriteria skor morivasi menurut Hasan (2008:21) kemudian dibuktikan secara statistik dengan uji t satu sampel. Sedangkan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran IPA yang menggunakan model integrated dan connected digunakan persentase skor angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrated dan model connected sama-sama dapat meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik pada kedua kelas yang mendapatkan nilai A & B sebanyak 100%, melebihi kriteria yang telah ditetapkan yaitu 85%. Kemudian secara statistik terdapat perbedaan peningkatan motivasi antara peserta didik yang menggunakan model integrated dengan connected. Hasil Uji t sebesar 2,37, hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik antara model integrated dan connected yaitu thitung(2,37) > ttabel (2,00). Berdasarkan angket tanggapan peserta didik, menunjukkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan cukup baik terhadap model integrated dan connected yaitu 81% dan 77%. Kata kunci : Integrated & Connected, motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 17:11
Last Modified: 04 Feb 2016 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum