KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB BERLATAR BELAKANG NON-PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

ABDUL ROSYID, NIM. 08420156 (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB BERLATAR BELAKANG NON-PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB BERLATAR BELAKANG NON-PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB BERLATAR BELAKANG NON-PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Abdul Rosyid, Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Berlatar Belakang non-Pendidikan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Maguwoharjo. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru berlatar belakang non-Pendidikan Bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN Maguwoharjo, meliputi: kompetensi dalam pemahaman peserta didik, rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar (tes formatif) dan kompetensi dalam pengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sample penelitiannya adalah tiga orang guru bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru bahasa Arab tersebut pada aspek: 1) pemahaman terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran masih memaksakan materi yang tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik, dan tidak ada diferensiasi atau klasifikasi gaya belajar dan kemampuan dasar bahasa Arab peserta didik. 2) pada aspek rancangan pembelajaran bahasa Arab tidak ada identifikasi kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Arab, tidak ada identifikasi kompetensi yang akan dicapai, dan tidak ada susunan program pembelajaran bahasa Arab. 3) pada aspek pelaksanakan proses pembelajaran bahasa Arab masih mengabaikan ketrampilan mendengar, berbicara, dan menulis. 4) pada aspek evaluasi hasil belajar bahasa Arab (tes formatif) hanya menilai kemahiran membaca peserta didik saja. 5) pada aspek pengembangkan potensi bahasa Arab peserta didik tidak ada kegiatan yang mendukung ke arah pengembangan potensi peserta didik tersebut, seperti kegiatan ektra kurikuler, seperti biah lugawiyyah fi al-faṣl dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 May 2013 16:56
Last Modified: 18 Apr 2017 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum