DINAMIKA PERKEMBANGAN MATERI PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA DARI KURIKULUM 1994, KBK KE KTSP

JUAIRIYAH, NIM. 09420076 (2013) DINAMIKA PERKEMBANGAN MATERI PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA DARI KURIKULUM 1994, KBK KE KTSP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PERKEMBANGAN MATERI PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA DARI KURIKULUM 1994, KBK KE KTSP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PERKEMBANGAN MATERI PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA DARI KURIKULUM 1994, KBK KE KTSP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan. Mengingat sangat pentingnya kurikulum, maka perlu diperhatikan dinamika pengembangannya. Kurikulum sebagai suatu sistem memiliki komponenkomponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, yakni tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Komponen-komponen tersebut baik secara sendiri maupun bersama menjadi dasar utama dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sejarah perkembangan kurikulum dan dinamika perkembangan materi Bahasa Arab kelas VII di MTs Negeri I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang perolehan datanya tidak melalui prosedur statistik. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode interview dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah materi pelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTs yang termuat dalam buku pokok yang digunakan dalam pembelajaran mulai dari kurikulum 1994, KBK, dan KTSP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum Bahasa Arab di MTs N I Yogyakarta dari tahun 1994 hingga sekarang ini mengalami tiga kali perubahan yaitu kurikulum 1994, kemudian berubah menjadi KBK pada tahun 2004 dan disempurnakan lagi menjadi KTSP pada tahun 2006 hingga sekarang ini. Materi yang diajarkan juga mengalami perkembangan dari segi jumlah dars, kualitas isi dari buku pokok yang dipakai, penjelasan tentang materi qowaid, maharah kitabah, istima’ dan hiwar. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan kurikulum juga diiringi dengan perubahan pada komponen-komponennya, dalam hal ini adalah materi pelajaran. Kata Kunci: Dinamika, Materi Bahasa Arab dan Kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 15:54
Last Modified: 26 Apr 2017 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum