PENERAPAN STRATEGI SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA III

RINA MARRINAWATI , NIM.09410180 (2013) PENERAPAN STRATEGI SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

RINA MARRINAWATI. Penerapan Strategi Self Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Pembelajaran Fiqih di Kelas XI IPA MAN Yogyakarta III. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah ini adalah kurang efektifnya strategi pembelajaran fiqih dalam membentuk karakter siswa kelas XI IPA di MAN Yogyakarta III. Hal ini dikarenakan strategi yang kurang mendukung dalam pembelajaran serta peserta didik belum bisa menunjukkan karakter yang diharapkan, baik dalam proses pembelajaran fiqih maupun dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk mengetahui strategi self assessment dalam pembelajaran fiqih serta membentuk dan mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi self assessment dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menganut teori dari Miles dan Huberman yaitu Data reduction (Reduksi data), Data Display (penyajian data) dan Conclution Drawing atau Verification. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Penerapan strategi self assessment dalam pembentukan karakter siswa sudah sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran. Dengan strategi ini siswa bisa mengekspresikan dirinya dengan cara menilai dirinya sendiri. Siswa sudah mampu menilai dirinya secara obyektif. Pada awalnya siswa belum bisa menilai dirinya sendiri setelah pembelajaran dikarenakan siswa belum terbiasa menilai dirinya sendiri sehingga mereka tidak percaya diri ataupun jujur dalam menilai pemahaman setelah pembelajaran. Selanjutnya, pada pertemuan berikutnya masing-masing siswa sudah mulai menunjukkan karakter jujur, bertanggung jawab atas penilaiannya sendiri serta percaya diri dalam memberikan penilaian. Selain penilaian yang dilakukan oleh masing-masing siswa, guru fiqih juga harus mengontrol dan mengamati sikap siswa-siswa tersebut. 2) Karakter yang muncul dan menjadi kebiasaan siswa tersebut adalah kejujuran, tanggung jawab, saling mengahargai dan percaya diri. Penerapan strategi self assessment dalam pembentukan karakter siswa sudah efektif dan menghasilkan pembentukan dan pengembangan karakter dengan baik meskipun belum bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 17:06
Last Modified: 17 May 2013 17:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum