PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK MULIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK KELAS III DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA

SALISTIA MUNIROH, NIM. 09410185 (2013) PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK MULIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK KELAS III DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK MULIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK KELAS III DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK MULIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK KELAS III DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Salistia Muniroh. Peran mata pelajaran akhlak mulia dalam pembentukan karakter anak. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan tujuan pendidikan yang merupakan usaha dalam pembentukan karakter secar utuh dan lebih menyangkut masalah proses dalam pembentukannya sehingga terdapat nilai-nilai karakter. Namun, pada kenyataannya dilapangan, usaha-usaha pembinaan akhlak melalui berbagai lembaga pendidikan dan melalui berbagai macam metode terus dikembangkan. Ini menunjukkan bahwa akhlak perlu dibina. Pendidikan akhlak bagi anak sangatlah penting, untuk itu kita sebagai orang tua harus melatih dan mendidik anak, di SDIT Salsabila Al-Muthi’in terdapat akhlak mulia, tetapi belum dapat menerapkannya, sehingga masih banyak yang harus diperbaharui, mendidik anak dari usia dini tidak lah mudah, untuk itu harus menggunakan metode yang tepat untuk bisa mencapai hasil yang maksimal Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran akhlak mulia yaitu tentang contoh sikap terpuji dan sikap tercela, yang harus di teladani dan harus di jauhi oleh anak. Pembelajaran akhlak mulia bersifat aplikatif, sehingga dengan adanya pembelajaran akhlak mulia dapat membiasakan diri untuk dapat menerapakan sikap yang telah ditanamkan di sekolah. (2) Peran akhlak mulia dalam pembentukan karakter yaitu Adanya pengaplikasian terhadap materi pembelajaran akhlak mulia, seperti sikap-sikap terpuji pada anak, sehingga anak dapat tertanam nilai karakter sejak dini. Adanya perubahan sikap anak, terhadap metode pembelajaran akhlak mulia, misalnya pada metode pembiasaan, penerapannya seperti shalat dhuha berjama’ah, cuci tangan sebelum makan, shalat dzuhur berjama’ah, dll. Anak dapat mengetahui mana sikap terpuji dan mana sikap yang tercela, dalam kehidupan sehari-hari, serta mengetahui sikap tanggung jawab, nilai kemandirian, toleransi, religius, disiplin, dsb.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 17:19
Last Modified: 24 Aug 2018 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum