UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI JATIROTO, WONOSARI, PURWOSARI, GIRIMULYO, KULON PROGO

WINARSIH, NIM. 09480006 (2013) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI JATIROTO, WONOSARI, PURWOSARI, GIRIMULYO, KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI JATIROTO, WONOSARI, PURWOSARI, GIRIMULYO, KULON PROGO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI JATIROTO, WONOSARI, PURWOSARI, GIRIMULYO, KULON PROGO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Winarsih, “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Jatiroto, Wonosari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta: Program Strata 1 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Dalam proses belajar mengajar di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Pada kenyataannya banyak siswa yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Di SD Negeri Jatiroto hampir 50% siswa mengalami kesulitan dalam membaca, menulis dan berhitung. Untuk itu guru perlu melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis dan berhitung pada siswa kelas 1 di SD Negeri Jatiroto; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada siswa kelas 1 di SD Negeri Jatiroto. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: upaya yang dilakukan oleh guru kelas 1 untuk mengatasi kesulitan belajar calistung yang dialami oleh siswa dan faktor pendukung serta faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung. Data diambil dengan observasi proses kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas 1 dan kepala sekolah, dan dokumentasi. Upaya yang dilakukan oleh guru kelas 1untuk mengatasi kesulitan belajar calistung yang dialami oleh siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan suasana belajar yang kreatif dan kondusif, les tambahan dan pemberian reward. Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung. adalah dari ketelatenan guru, kepala sekolah yang memberi dukungan terhadap upaya yang dilakukan guru, buku-buku bacaan dan les tambahan, sedangkan faktor penghambat adalah dari pengalaman siswa di sekolah, pengalaman siswa di rumah dan perhatian orang tua, dan pengaruh tayangan televisi dan hand phone. Dengan upaya yang telah dilakukan siswa yang pada awal masuk belum dapat calistung saat ini sudah dapat calistung meskipun harus dengan latihan secara terus menerus. Kata Kunci: guru, kesulitan belajar, calistung, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 May 2013 20:50
Last Modified: 14 Feb 2017 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum