PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI

ALIF AFRI DIYANA DEWI, NIM. 08680052 (2012) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedi Bahan Praktikum Biologi untuk Siswa SMA/MA Kelas XI, mengetahui kualitas Ensiklopedi Bahan Praktikum Biologi berdasarkan penilaian 2 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer dan 3 guru biologi SMA/MA, serta mengetahui respon 15 siswa terhadap Ensiklopedi Bahan Praktikum Biologi SMA/MA Kelas XI yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan ensiklopedi meliputi tahap analisis, perencanaan, pengembangan, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen penilaian kualitas ensiklopedi berdasarkan pada kriteria isi/materi, penyajian, dan bahasa/keterbacaan. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan bahan ajar berupa Ensiklopedi Bahan Praktikum Biologi untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian 2 orang ahli materi dan 3 peer reviewer adalah Baik (B) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 82% dan 82,67%, sedangkan menurut 1 orang ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 89,09%. Kualitas ensiklopedi menurut 3 orang guru biologi adalah Baik (B) dengan persentase keidealan sebesar 79,33% dan hasil respon siswa terhadap bahan ajar tersebut adalah 75,11% dengan skor yang diperoleh 676 dari skor maksimal ideal 900 dan mempunyai kategori Baik (B). Berdasarkan penilaian yang diperoleh tersebut maka bahan ajar ini layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi sekaligus dapat dipakai oleh siswa sebagai salah satu bahan ajar biologi. Kata Kunci: Bahan Ajar, Ensiklopedi Bahan Praktikum, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 May 2013 17:33
Last Modified: 17 Mar 2016 17:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum