DEWI KURNIASIH, NIM. 08680003 (2012) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar biologi yang tepat untuk siswa tuna netra dan mengetahui kelayakan bahan ajar biologi sebagai sumber belajar bagi siswa tuna netra berupa modul sensitif difabel. Bahan ajar ini dimodifikasi sesuai kebutuhan guru untuk mengajar siswa tuna netra dan dilengkapi lembar khusus siswa tuna netra sebagai bahan pelengkap/ penunjang proses pembelajaran serta menggunakan strategi pembelajaran adaptif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedural dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan bahan ajar ini yaitu lembar angket yang mencakup beberapa kriteria yaitu kriteria kualitas isi, metode penyajian, penggunaan bahasa, penggunaan modifikasi modul khusus tuna netra, kualitas kelengkapan/ bahan penunjang, kualitas fisik dan keterlaksanaan. Subjek dalam penelitian ini diartikan sebagai responden yaitu yang terdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media terkait pendidikan, 1 orang ahli media terkait difabilitas, 3 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi dan 5 siswa tuna netra kelas X MAN Maguwoharjo Yogyakarta. Sedangkan objek penelitian adalah bahan ajar dalam bentuk modul sensitif difabel untuk mengajar siswa tuna netra. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang pertama yaitu telah berhasil dikembangkan bahan ajar dalam bentuk modul sensitif difabel untuk mengajar siswa tuna netra dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE. Hasil penelitian yang kedua yaitu mengetahui kelayakan bahan ajar dalam bentuk modul sensitif difabel untuk mengajar siswa tuna netra berdasarkan penilaian responden yang terdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media terkait pendidikan, 1 orang dosen ahli difabilitas, 3 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi, dan 5 orang siswa tuna netra MAN Maguwoharjo Yogyakarta. Dari penilaian tersebut diperoleh skor rata-rata menurut ahli materi sebesar 98 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 93%, menurut ahli media skor rata-rata 89 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 85%, menurut ahli difabilitas skor rata-rata 97 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 92%, menurut peer reviewer skor rata-rata 85 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 82%, menurut guru biologi skor rata-rata 84,5 dari nilai maksimal ideal 105 dengan presentase keidealan 80%, sedangkan menurut siswa skor rata-rata 54 dari nilai maksimal 60 dengan persentase 89%. xviii Berdasarkan penilaian yang diperoleh tersebut bahan ajar ini memiliki kategori Sangat Baik (SB) maka bahan ajar berupa Modul Sensitif Difabel untuk Mengajar Siswa Tuna netra Submateri Keanekaragaman Tumbuhan Kelas X Semester II SMA/MA layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: Inklusif, Pembelajaran Biologi, Bahan Ajar, Modul Sensitif Difabel, Siswa Tuna Netra
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 30 May 2013 18:19 |
Last Modified: | 02 Mar 2016 11:39 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7954 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |