PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM HUKUM HOOKE DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT (PENILAIAN TEMAN SEBAYA)

IFANATUL LAYYINAH, NIM. 08690049 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM HUKUM HOOKE DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT (PENILAIAN TEMAN SEBAYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM HUKUM HOOKE DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT (PENILAIAN TEMAN SEBAYA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM HUKUM HOOKE DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT (PENILAIAN TEMAN SEBAYA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian aspek psikomotor yang dapat digunakan dalam praktikum hukum Hooke, mengetahui kualitas instrumen penilaian dan respon siswa terhadap instrumen yang telah dikembangkan. Instrumen penilaian aspek psikomotor yang dikembangkan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk berupa angket yang terdiri dari kesesuaian aspek psikomotorik yang akan dinilai, aspek kebahasaan, aspek penulisan, aspek penampilan fisik, aspek waktu dan aspek sistematika. Data penilaian produk yang diperoleh diubah menjadi data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian yang sudah melalui tahap validasi dan revisi serta memiliki reliabilitas tinggi sebesar 0,844 yang didalamnya berisikan prosedur praktikum, kisi-kisi instrumen penilaian, petunjuk penggunaan instrumen dan instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang telah dikembangkan memenuhi kualitas sangat baik (SB) berdasarkan penilaian 5 praktisi pendidikan sebesar 93,33% dari skor ideal dan mendapatkan respon siswa sangat setuju (SS) sebesar 78,45% dari skor ideal untuk uji terbatas sedangkan untuk uji luas mendapatkan respon siswa sangat setuju (SS) sebesar 86,08% dari skor ideal. Kata kunci : psikomotor, hukum Hooke, peer assessment

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 16:35
Last Modified: 17 Mar 2016 16:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum