POLA MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013

TRI SUBEKTI, NIM. 09420080 (2013) POLA MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru bahasa Arab MIN Tepus, siswa-siswi kelas 4 MIN Tepus, dan kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tepus. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) pola manajemen kelas dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh guru bahasa Arab MIN Tepus didasarkan pada aspek : a) pengorganisasian kelasnya, dalam hal ini guru telah melakukan pengembangan silabus, membuat RPP, mampu menciptakan suasana akrab dan hangat di dalam kelas, akan tetapi untuk evaluasi pembelajaran, masih berbentuk evaluasi satu arah, yaitu evaluasi guru terhadap siswa saja, belum ada timbal balik evaluasi dari siswa terhadap guru. Masih dalam pengorganisasian kelas guru juga telah mampu mengembangkan kepemimpinan siswa-siswi di kelas melalui pembentukan organisasi kelas (kepengurusan kelas), menempatkan siswa secara berselang seling antara siswa putri dengan siswa putra, dan alat-alat pengajaran pun sudah tertata dengan baik. Begitu pula penataan kelas dan pemeliharaan kebersihan kelas serta alat-alat pengajaran, telah dilakukan dengan baik. Hanya saja barang-barang yang tidak terpakai masih disimpan di dalam kelas. Hal ini menjadikan proses pembelajaran kurang nyaman meskipun cukup menyenangkan.b) pendekatan manajemen kelas, pendekatan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MIN Tepus adalah pendekatan sosio-emosional yaitu suatu proses pembelajaran bahasa Arab yang menciptakan iklim atau suasana emosional dan hubungan sosial yang positif di dalam kelas. Peran guru dalam pendekatan ini adalah menciptakan hubungan pribadi yang sehat melalui komunikasi dengan interaksi yang positif. 2) Dari beberapa faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung utama manajemen kelas dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Ruang kelas yang memadai, sehingga memungkinkan siswa leluasa dalam bergerak. Sedangkan faktor penghambat utama manajemen kelas dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu terbatasnya fasilitas pembelajaran bahasa Arab (terutama terbatasnya buku paket sebagai sumber belajar utamanya).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 18:05
Last Modified: 03 May 2017 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum