UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII B DI MTs AL-WATHONIYYAH SEMARANG ( Tinjauan Psikologi Motivasi )

AGIL INDRAYANTO, NIM. 09420096 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII B DI MTs AL-WATHONIYYAH SEMARANG ( Tinjauan Psikologi Motivasi ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII B DI MTs AL-WATHONIYYAH SEMARANG ( Tinjauan Psikologi Motivasi ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII B DI MTs AL-WATHONIYYAH SEMARANG ( Tinjauan Psikologi Motivasi ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Agil Indrayanto, Upaya meningkatkan keaktifan belajar bahasa Arab siswa kelas VIII B MTs Al-Wathoniyyah Semarang ( Tinjauan Psikologi Motivasi ) . Yogyakarta Fakultas Tarbiyyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, serta upaya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab sekaligus menjelaskan faktor penghambat keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai masukan yang positif untuk peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, mengambil latar MTs Al Wathoniyyah Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Adapun metode yang digunakan guru adalah: ( 1) Metode pembelajaran bahasa Arab yang sering digunakan Guru bahasa Arab yaitu metode ceramah, diskusi, dan belajar kelompok bergambar. dan faktor-faktor penghambatnya adalah 1) Penempatan jadwal pembelajaran bahasa arab yang tidak kondusif.2) Pengetahuan yang kurang tentang bahasa arab. 3) Rasa malu karena belum memiliki rasa percaya diri. 4) Kondisi kelas yang kurang bersih. Dan upaya yang dilakukan adalah Sedangkan upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu: 1) Menyampaikan maksud dan tujuan tiap topik dalam bingkai cerita. 2) Memberikan soal-soal latihan sebagai persiapan kecakapan menghadapi ujian. 3) Pemberian hukuman ( punishment ) tidak berupa fisik tetapi menghafal lima kosa kata berserta artinya. 5) Dan guru tidak jarang bercanda dan memberikan hadiah bagi siswa yang mampu menjelaskan materi yang lalu. Dari hasil penelitian diatas menjelaskan bahwa upaya guru didalam meningkatkan keaktifan murid cukup. dan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Siswa mulai semangat mendengarkan. 2) Semangat membaca siswa meningkat. 3) Keaktifan siswa diluar kelas. 4) Siswa berpikir untuk menjawab pertanyaan. 5) Siswa memiliki rasa percaya diri. Terakhir, rekomendasi peneliti dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab perlu adanya kerjasama antara Guru dan Murid. Pemahaman setiap karakteristik dan kemampuan siswa lebih diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 17:26
Last Modified: 18 Apr 2017 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum