FATONAH, Siti (2009) MENUMBUHKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) ANAK DENGAN MENGENAL GAYA BELAJARNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD. AL BIDAYAH, Vol. 1 (No. 2). pp. 229-245. ISSN 2085-0034
|
Text (MENUMBUHKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) ANAK DENGAN MENGENAL GAYA BELAJARNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD)
SITI FATONAH MENUMBUHKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) ANAK DENGAN MENGENAL GAYA BELAJARNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD.pdf - Published Version Download (25MB) | Preview |
Abstract
Pada hakikatnya seorangpendidik adalah seorangfasilitator. Fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, maupun konatif Seorangpendidik hendaknya mampu membangun suasana belajaryang kondusifuntuk belajar-mandiri (selfdirected learning), lajuga hendaknya mampu menjadikan proses pembelajaran sebagai kegiatan eksplorasi diri. Gardner menegaskan bahwa setidaknya ada 8 macam kecerdasa dalam diri anak. Kedelapan kecerdasan tersebut dapat ditumbuhkan olehguru dengan mengenal berbagai gaya belajarpada anak. Setiap pribadi manusia memiliki "self-hidden potential excellece" (mutiara talentayang tersembunyi di dalam diri), tugaspendidikanyangsejati adalah membantupeserta didik untuk menemukan dan mengembangkan potensi yang ada pada anak seoptimal mungkin. Hal ini bisa berhasil apabila semua guru (termasuk IPA SD) memahami kecerdasan majemuk.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan majemuk, gaya belajar, pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Jurnal > 3. Al Bidayah |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 18:18 |
Last Modified: | 05 May 2017 09:32 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8020 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |