PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL

ENNI PURWANTI, NIM. 09410176 (2013) PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

ENNI PURWANTI. Pengajian Kelas Sebagai Upaya Pengayaan Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah adanya upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah umum. Dari berbagai upaya yang dilakukan ada suatu kegiatan yang dipandang unik yaitu pengajian kelas. Pengajian kelas dipandang unik karena kegiatan ini jarang dilaksanakan oleh sekolah umum lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan pelaksanaan pengajian kelas yang berkaitan dengan metode dan materi yang digunakan serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat terlaksananya pengajian kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk mengelola Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan agama di sekolah dan sebagai upaya pengayaan bagi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanakan pengajian kelas di SMA Negeri 1 Jetis Bantul telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan sekolah. Pengajian kelas rata-rata berlangsung satu semester dua kali tiap masingmasing kelas, akan tetapi juga ada yang lebih dari dua kali dengan tempat bergiliran. Penentuan lokasi secara bergiliran dimaksudkan agar siswa mengenal lingkungan dan yang paling penting adalah agar mempererat silaturrahmi. Metode yang dipakai dalam pengajian kelas antara lain : metode ceramah, metode cerita, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode ibrah dan metode pembiasaan. Adapun materi yang diberikan meliputi lima aspek yaitu Al-Qur’an, Ibadah, Aqidah, Akhlak dan Muamalah. Secara keseluruhan pengajian kelas dapat dikatakan berhasil mencakup tiga indikator keberhasilan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun faktor yang mendukung terlaksananya pengajian kelas adalah mayoritas siswa SMA Negeri 1 Jetis Bantul beragama Islam, dukungan yang kuat dari semua pihak di sekolah, pembicara yang profesional, kekompakan siswa dalam satu kelas. Sedangkan faktor yang menghambat terlaksananya pengajian kelas adalah siswa kurang konsentrasi ketika mendengarkan pengajian, lokasi pengajian yang sulit dijangkau, masalah pendanaan, dan juga penentuan waktu pengajian yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 20:22
Last Modified: 28 Jul 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum