MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMKLB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA

NUR SETYANINGSIH, NIM. 09470112 (2013) MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMKLB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMKLB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMKLB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

NUR SETYANINGSIH. Manajemen Kurikulum untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Jenjang SMKLB di SLB Tunas Kasih 2 Turi Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang manajemen kurikulum untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita jenjang SMKLB di SLB Tunas Kasih 2 Turi Sleman Yogyakarta, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap komponen kurikulum. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap lembaga pendidikan diperlukan manajemen kurikulum yang baik. Sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman penyusunan program pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan yang diharapkan khususnya kemandirian. SLB Tunas Kasih 2 Turi Sleman Yogyakarta menerapkan SMKLB pada salah satu jenjangnya. Oleh karena itu, SMKLB di SLB Tunas Kasih 2 Turi Sleman Yogyakarta menarik untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif dengan mengambil obyek SMKLB. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber data data dokumen dan informan. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun dalam satuan-satuan, mengkategorikan, penafsiran dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen kurikulum yang diterapkan, meliputi a) Perencanaan kurikulum meliputi tujuan disusunnya kurikulum sesuai SK KD untuk meningatkan kemandirian siswa tunagrahita jenjang SMKLB dan desain kurikulum dengan assesmen/pengidentifikasian kemampuan dan ketidakmampuan siswa untuk penyusunan program. b) Pengorganisasian kurikulum meliputi materi pembelajaran yaitu tematik dan keterampilan vokasional, muatan lokal, program khusus dan pengembangan diri dengan alokasi waktu untuk pembelajaran tematik adalah 10 jam dan keterampilan vokasional 24 jam, muatan lokal 2 jam, program khusus menyesuaikan kebutuhan siswa, dan pengembangan diri 2 jam per minggu. c) Pelaksanaan kurikulum yaitu penyusunan silabus, RPP, media atau alat pembelajaran yang variatif, strategi pembelajaran lebih menggunakan strategi kooperatif dan individual, serta penentuan sumber belajar. d) Evaluasi kurikulum bagi siswa tunagrahita yaitu melihat indikator pencapaian tujuan, dan cara evaluasi dilakukan setelah selesai pembelajaran. 2) Tingkat kemandirian siswa tunagrahita jenjang SMKLB adalah cukup mandiri. Dengan diperoleh data 2 siswa mandiri dan 3 siswa cukup mandiri. 3) Upaya pihak sekolah terkait manajemen kurikulum untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita adalah dengan pemberian motivasi, dorongan, dan semangat; optimalisasi dalam perencanaan program, media dan evaluasi; sosialisasi dengan orang tua; menjalin mitra dengan SLB Ananda, life skill kemandirian, memberi bekal keterampilan, pelatihan budidaya jamur bekerja sama dengan Gafatar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 20:36
Last Modified: 03 Jun 2013 20:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum