PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF NAHWU BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRA KELAS VIII

SITI ANIQOTUNNISA, NIM. 09420148 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF NAHWU BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF NAHWU BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRA KELAS VIII )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF NAHWU BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRA KELAS VIII)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)

Abstract

Siti Aniqotunnisa. Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Nahwu Berbasis Macromedia Flash 8 sebagai Sumber Belajar Mandiri di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putra Kelas VIII. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media kuis interaktif nahwu untuk peserta didik kelas VIII MTs. Ibnul Qoyyim Putra dan untuk mengetahui kelayakan media kuis interaktif nahwu berdasarkan penilaian tiga guru nahwu MTs. Ibnul Qoyyim Putra dan respon 22 peserta didik MTs. Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu : Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Produksi (Development), Implementasi (implementation) dan Evaluasi (evaluation). Prosedur penelitian ini terbatas sampai tahap Pengembangan (development). Produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media dan teman sejawat (peer reviewer). Penilaian produk dilakukan oleh tiga guru nahwu dan direspon oleh 22 peserta didik MTs. Ibnul Qoyyim Putra. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) untuk melihat kualitas produk dan angket respon peserta didik untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap produk. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media kuis interaktif nahwu. Berdasarkan hasil penelitian, menurut 3 guru MTs Ibnul Qoyyim Putra media kuis interaktif nahwu memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 91,58%. Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 22 peserta didik yaitu 98,18 % terhadap media kuis interaktif nahwu. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kuis interaktif nahwu ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik MTs. Ibnul Qoyyim Putra. Kata kunci: penelitian pengembangan, media kuis interaktif nahwu, fi’il muḍari’, sumber belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 20:39
Last Modified: 03 May 2017 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum