MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INPUT DAN OUTPUT DI SMP NEGERI 3 SALAMAN MAGELANG SERTA RELEVANSINYA DENGAN STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM

DAFIT HERMAWAN, NIM. 09470048 (2013) MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INPUT DAN OUTPUT DI SMP NEGERI 3 SALAMAN MAGELANG SERTA RELEVANSINYA DENGAN STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INPUT DAN OUTPUT DI SMP NEGERI 3 SALAMAN MAGELANG SERTA RELEVANSINYA DENGAN STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INPUT DAN OUTPUT DI SMP NEGERI 3 SALAMAN MAGELANG SERTA RELEVANSINYA DENGAN STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksananaan manajemen kesiswaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Salaman Magelang serta bagaimana usaha sekolah untuk meningkatkan kualitas input dan output di SMP Negeri 3 Salaman yang berkaitan dengan Manajemen Kesiswaan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 3 Salaman Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif . Hasil penelitian ini adalah (1) Manajemen Kesiswaan di SMP Negeri 3 Salaman Magelang telah terlaksana dengan beberapa kegiatan yang mencakup Manajemen kesiswaan antara lain penerimaan siswa baru, pembinaan siswa, pencatatan dan pelaporan serta kelulusan atau alumni. (2) Upaya yang dilakukan SMP Negeri 3 Salaman Magelang berkaitan dengan manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan kualitas input dan output sekolah adalah: pertama mengadakan pengumuman seluas-luasnya, siswa yang mendaftar melengkapi administrasi serta mengunakan SKHUN asli, penyebaran brosur ke sekolah-sekolah yang terjangkau, siswa yang berprestasi diberi keringanan. Kualitas input di SMP Negeri 3 Salaman mengalami peningkatan dibuktikan dengan nilai siswa yang diterima mengalami peningkatan selain itu jumlah pendaftar mengalami peningkatan peminatnya. kedua pembinaan kedisiplinan siswa dengan cara jabat tangan, shalat dhuha, shalat dzuhur dan pembiasaan datang pagi ke sekolah. ketiga, guru Bimbingan Konseling membantu siswa yang mengalami kesulitan, mengatasi siswa yang bermasalah, melakukan tes bakat siswa, melakukan pencatatan siswa, keempat peningkatan prestatasi siswa dengan cara mengadakan tambahan belajar (les), mengirimkan siswa ke dalam perlombaan, memotivasi siswa, kerjasama dengan wali murid, meningkatkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), memberikan arahan kepada siswa yang ingin melanjutkan. Hasil pembinaan siswa dapat dilihat dari peningkatan output yaitu setiap tahun nilai terendah dalam Ujian Nasional mengalami peningkatan. Secara umum, manajemen kesiswaan di SMP Negeri 3 Salaman relevan dengan studi kependidikan islam yaitu dalam manajemen kesiswaan di madrasah. Sama seperti manajemen kesiswaan di madrasah, manajemen kesiswaan di SMP Negeri 3 Salaman terdiri dari manajemen kesiswaan yang berkaitan dengan input dan output. Manajemen kesiswaan yang berkaitan dengan input yaitu penerimaan siswa baru, diantaranya terdiri dari analisis kebutuhan kelas, rekrutmen siswa, seleksi siswa, pengumuman penerimaan siswa baru dan orientasi siswa. Kegiatan manajemen kesiswaan yang berkaitan dengan output adalah pembinaan siswa, pencatatan dan pelaporan, kelulusan atau alumni. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Meningkatkan Kualitas Input dan Output, serta relevansi dengan studi Kependidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jun 2013 16:45
Last Modified: 01 Mar 2017 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum