PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS “MULTIPLE INTELLIGENCES” UNTUK MA KELAS X SEMESTER II DI PONDOK PESANTREN

DWI UTAMI, NIM. 07690022 (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS “MULTIPLE INTELLIGENCES” UNTUK MA KELAS X SEMESTER II DI PONDOK PESANTREN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS “MULTIPLE INTELLIGENCES” UNTUK MA KELAS X SEMESTER II DI PONDOK PESANTREN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS “MULTIPLE INTELLIGENCES” UNTUK MA KELAS X SEMESTER II DI PONDOK PESANTREN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk silabus dan RPP fisika untuk MA di Pondok Pesantren dengan memunculkan nilai-nilai keagamaan, (2) mengimplementasikan nilai-nilai multiple intelligences yang difokuskan pada matematis-logis, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, ruangvisual, musik, dan linguistik dalam silabus dan RPP fisika, serta (3) mengetahui kualitas produk silabus dan RPP fisika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk peerreviewer, ahli kurikulum dan ahli pembelajaran, guru, dn siswa. Subjek uji coba ini meliputi 21 siswa sebagai uji coba lapangan tahap awal, dan selanjutnya sebagai uji coba lapangan utama meliputi 42 siswa Pondok Pesantren dan 6 guru fisika. Data kualitas produk yang diperoleh dari penilaian reviewer pada uji lapangan awal maupun uji lapangan utama dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu mengolah skor rata-rata aspek penilaian kualitas yang diperoleh dari nilai kuantitatif menjadi nilai kualitatif menggunakan kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penilaian terhadap produk berupa silabus dan RPP fisika dengan menggunakan analisis data berupa pengolahan secara kuantitatif dan kualitatif dari beberapa penilai terhadap pengembangan silabus mendapatkan predikat “Baik (B)” antara lain melalui penilaian ahli pembelajaran dan ahli kurikulum dengan skor rata-rata sebesar 43,5 dan persentase sebanyak 79%. Sedangkan penilaian dari 6 guru fisika memiliki rata-rata penilaian sebesar 116,7 dengan persentase keidealan produk sebesar 87,5%, dan penilaian dari 42 siswa memiliki rata-rata nilai sebesar 37,5 dengan persentase keidealan sebesar 75,3%. Data ini menunjukkan bahwa produk silabus dan RPP fisika yang dikembangkan meliputi indikator, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dapat diaplikasikan di sekolah MA berbasis Pondok Pesantren. KATA KUNCI: Silabus dan RPP fisika, multiple intelligences, MA berbasis Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jun 2013 20:37
Last Modified: 01 Feb 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum