PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI POKOK HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA

LUTFIANA KHUMAIROH, NIM. 08670017 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI POKOK HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI POKOK HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI POKOK HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kimia SMA berwawasan integrasi islam-sains karya Abdul Muis, S.Pd.Si terhadap motivasi dan prestasi peserta didik kelas X di MA Ali Maksum Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah penggunaan modul kimia SMA berwawasan integrasi islam-sains dua sampel adalah kelas XE (kelas eksperimen) dan kelas XD (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan soal prestasi belajar, sedangkan untuk mengetahui Pengaruh motivasi dan pretasi belajar peserta didik dianalisis dengan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh, 1) angket motivasi belajar, nilai signifikansi untuk kelas XD = 0.043 dan XE =0.044 artinya lebih kecil dari batas yang di gunakan yaitu 5% (signifikansi < 0,05), maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan modul kimia berwawasan integrasi islam-sains karya Abdul Muis,S.Pd.Si terhadap motivasi belajar peserta didik. Dengan nilai rata-rata nilai motivasi kelas eksperimen = 61,4 dan kelas kontrol = 58,7). 2) prestasi belajar, nilai signifikansi untuk kelas XD = 0.024 dan XE =0.024 artinya lebih kecil dari batas yang di gunakan yaitu 5% (signifikansi < 0,05), maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan modul kimia berwawasan integrasi islam-sains karya Abdul Muis,S.Pd.Si terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan nilai rata-rata prestasi kelas eksperimen = 82,8 dan kelas kontrol = 76,2. Kata kunci : Modul, Integrasi Islam-sains, Motivasi, prestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jun 2013 15:37
Last Modified: 19 Feb 2016 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum