ANALISIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GASAL YANG DIGUNAKAN MAN SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA

MOH. MISBAHUL ARIFIN, NIM. 08670061 (2012) ANALISIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GASAL YANG DIGUNAKAN MAN SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GASAL YANG DIGUNAKAN MAN SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GASAL YANG DIGUNAKAN MAN SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen pendekatan kontekstual (CTL) yang terkandung dalam buku pelajaran kimia SMA kelas XI semester gasal yang digunakan MAN Se-kotamadya Yogyakarta dan mengetahui persentase masingmasing komponen CTL tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis deskriptif isi (content analysis). Subjek penelitian berupa 3 buku ajar kimia SMA kelas XI semester gasal yang terpilih berdasarkan hasil observasi terhadap penggunaan buku kimia kelas XI di MAN se-Kotamadya Yogyakarta. Tiga buku tersebut yaitu: Kimia untuk SMA kelas XI terbitan Erlangga, tahun 2007, yang ditulis oleh Michael Purba (Buku A); Kimia 2 kelas XI terbitan Yudhistira, tahun 2007, yang ditulis oleh Muchtaridi dan Sandri Justiana (Buku B); dan (3) Seribu Pena Kimia kelas XI terbitan Erlangga, tahun 2007, yang ditulis oleh Priscilia Retnowati (Buku C). Instrumen yang digunakan merupakan lembar pengamatan yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Ristia Ning Astuti dengan judul “Analisis Buku Pelajaran Biologi Kelas X SMA dan MA Berdasarkan Pendekatan Kontekstual”. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Adapun tujuh komponen pendekatan kontekstual yang menjadi objek analisis adalah Konstruktivisme (komponen 1), Menemukan (2), Pemodelan (3), Bertanya (4), Masyarakat Belajar (5), Refleksi (6), Penilaian Sebenarnya (7). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku A dan buku B mengandung tujuh komponen pendekatan kontekstual. Sedangkan dalam buku C tidak ditemukan salah satu komponen pendekatan kontekstual yaitu Masyarakat Belajar. Adapun persentase ketujuh komponen CTL dalam buku A, B, dan C berturut-turut adalah sebagai berikut: komponen 1: 20,88%, 21,20%, 18,27%; Komponen 2: 17,77%, 14,87%, 17,07%; Komponen 3: 6,33%, 12,52%, 12,25%; Komponen 4: 19,16%, 20,29%, 18,27%; Komponen 5: 0,07%, 0,33%, 0%; Komponen 6: 18,17%, 16,24%, 17,07%; Komponen 7: 17,6%, 14,55%, 17,07%. Kata Kunci: Analisis Isi, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Buku Kimia SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jun 2013 17:22
Last Modified: 17 Mar 2016 17:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum