PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD

FATONAH, Siti (2009) PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD. AL BIDAYAH, Vol. 1 (No. 1). pp. 65-79. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD)
SITI FATONAH PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING.pdf - Published Version

Download (955kB) | Preview

Abstract

Usia anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia pada umumnya berkisar antara 6-12 tahun. Pada usia tersebut berdasarkan teori kognitif yang dikemukakan oleh Piaget termasuk dalam fase operasional konkrit, dimana aspek berfikir siswa cenderung pada hal-hal yang konkrit. Anak juga masih senang bermain, karena bermain adalah suatu kebutuhan bagi anak. Sesuai dengan kondisi psikologis anak dan kondisi fisik anak yang masih dalam pertumbuhan, maka rancangan pembelajaran yang disusun dengan bermain, membuat anak belajar sesuai dengan tuntutan taraf perkembangannya. Oleh karena itu pendekatan learning by playing sangat cocok diterapkan pada pelajaran sains tingkat SD/MI, karena didasari aspek psikologi siswa yang masih senang bergerak dan aspek berfikirnya yang cenderung pada hal-hal yang konkrit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning by playing, anak, belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jun 2013 16:16
Last Modified: 05 May 2017 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum