PENGEMBANGAN THREE–TIER TEST SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL

RIANA DEWI ASTARI, NIM. 08670066 (2012) PENGEMBANGAN THREE–TIER TEST SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN THREE–TIER TEST SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN THREE–TIER TEST SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Miskonsepsi yang terjadi pada konsep dasar dapat menghambat peserta didik untuk memahami materi yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan produk pada pengembangan three-tier test sebagai instrumen dalam identifikasi miskonsepsi pada konsep atom, ion dan molekul serta mengetahui kelayakan three-tier test yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru IPA SMP/MTs. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Pengembangan three-tier test mendapat masukan dari ahli evaluasi, ahli materi dan peer reviewer. Subjek penilai kualitas three-tier test meliputi 5 guru IPA SMP/MTs di Yogyakarta yang bertindak sebagai reviewer. Instrumen penilaian three-tier test berupa lembar penilaian yang berisi 4 aspek yaitu materi, konstruksi soal, bahasa dan tampilan. Produk akhir penelitian ini berupa three-tier test, di mana setiap butir soal pada three-tier terdiri atas tiga rangkaian soal bertingkat, yaitu soal pilihan ganda biasa, pilihan alasan dan penegasan apakah peserta didik yakin atau tidak akan jawaban yang diberikan pada tingkat sebelumnya. Three-tier test yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik (B) menurut penilaian 5 guru IPA SMP/MTs dengan skor 61,4 dari skor maksimal 75. Dengan demikian, three-tier test yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep atom, ion dan molekul. Kata kunci : instrumen miskonsepsi, three-tier test, IPA SMP/MTs, atom, ion, molekul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Jun 2013 17:40
Last Modified: 19 Feb 2016 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum