RANCANG BANGUN PERANGKAT EKSPERIMEN HUKUM ARCHIMEDES UNTUK MTs LB/A YAKETUNIS KELAS VIII

ROFIQOH UTAMI, NIM. 08690039 (2012) RANCANG BANGUN PERANGKAT EKSPERIMEN HUKUM ARCHIMEDES UNTUK MTs LB/A YAKETUNIS KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN PERANGKAT EKSPERIMEN HUKUM ARCHIMEDES UNTUK MTs LB/A YAKETUNIS KELAS VIII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN PERANGKAT EKSPERIMEN HUKUM ARCHIMEDES UNTUK MTs LB/A YAKETUNIS KELAS VIII)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan sehingga mendapat hambatan dalam kegiatan praktikum hukum Archimedes yang menuntut peran aktif visual. Berdasarkan kenyataan ini maka dibutuhkan suatu inovasi alat praktikum hukum Archimedes yang dirancang secara khusus untuk siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gelas ukur Braille, neraca pegas Braille, dan rekaman materi hukum Archimedes untuk siswa MTs LB/A Yaketunis Kelas VIII serta mengetahui kualitas dari masing-masing alat yang dikembangkan menurut ahli media, ahli materi, dan guru fisika MTs LB/A. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D, yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Berdasarkan penilaian ahli media, gelas ukur Braille dan neraca pegas Braille memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase masingmasing 100% dari skor ideal, sedangkan penilaian oleh ahli materi masing-masing memiliki kualitas baik (B) dengan persentase 80% dan 73,33% dari skor ideal, dan penilaian guru fisika MTs LB/A masing-masing memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase 100%. Menurut ahli media dan ahli materi rekaman materi hukum Archimedes masing-masing memiliki kualitas baik (B) dengan persentase 80% dari skor ideal, menurut guru fisika MTs LB/A rekaman materi memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase 91,82% dari skor ideal. Ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat alat yang dikembangkan, siswa mampu melakukan praktikum hukum Archimedes secara utuh layaknya siswa awas. Kata Kunci: gelas ukur Braille, neraca pegas Braille, hukum Archimedes, tunanetra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Jun 2013 18:17
Last Modified: 01 Feb 2016 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum